Produk Herbal Didorong Manfaatkan Pangsa Pasar Gen Z, Optimalkan Teknologi Digital

INDOPOSCO.ID – Produk herbal tengah diminati masyarakat, karena adanya tren kembali ke alam atau back to nature. Serta muncul anggapan bahwa bahan alami lebih aman. Kesadaran menggunakan bahan alami mulai dilakukan Gen Z.
Produsen produk herbal, Halal Network International (HNI) berkomitmen menghadirkan produk sehat dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Seperti pasta gigi herbal, madu, sabun, suplemen kesehatan hingga makanan dan minuman sehat.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2020-2024 Sandiaga Salahuddin Uno mendorong HNI memperluas pasar, termasuk ke generasi muda seperti Gen Z dan Gen Alpha. Mengingat mereka memiliki tingkat penasaran tinggi terhadap berbagai hal.
“Gen Z sangat kritis dan detail dalam memilih produk. Mereka ingin tahu kehalalan dan kualitas sebuah produk secara transparan,” kata Sandi sapaan karibnya saat menghadiri HUT ke-13 HNI di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor dikutip, Senin (22/9/2025).
Menurutnya, generasi muda merupakan segmen potensial yang membutuhkan pendekatan digital dan kreatif. Sehingga mampu membangun kepercayaan dan membentuk pengalaman yang positif.
“HNI bisa memanfaatkan peluang ini dengan membangun platform kolaborasi digital yang menghadirkan konten inspiratif, produk berkelanjutan, serta memberi dampak sosial positif,” ujar Sandi.
Menangkap peluang itu, Direktur Utama PT HNI H. Agung Yulianto mengatakan bahwa pihaknya telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk 100 pesantren, Universitas YARSI dalam riset herbal, dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).
“Kami tidak hanya menjadi jaringan produk halal, tetapi juga membangun platform kolaborasi untuk kemajuan umat,” ucap Agung Yulianto.
Produk yang mereka ciptakan diklaim 100 persen lokal, selain halal sekaligus membantu mengurangi ketergantungan impor dan menjaga devisa negara.
“HNI memfasilitasi konsumen yang ingin benar-benar mendukung produk asli Indonesia,” imbuh Agung Yulianto.(dan)