Gaya Hidup

Gadget Bagi Tumbuh Kembang Anak, Begini Peran Orang Tua

INDOPOSCO.ID – Orang tua memegang peranan penting membimbing anak dalam penggunaan gadget. Pasalnya, risiko paparan konten digital yang belum pantas dilihat anak usia dini semakin meningkat.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah William Jayadi Iskandar mengungkapkan, anak sangat berisiko terpapar gadget. Risiko fisik, di antaranya paparan blue light yang mengganggu siklus tidur anak, paparan cahaya yang dapat mengakibatkan anak memakai kacamata.

“Risiko lainnya adalah postur yang terganggu karena paparan gadget yang lama dengan posisi badan yang membungkuk, rasa malas beraktivitas fisik yang dapat berisiko obesitas,” ungkap William Jayadi Iskandar di Jakarta, Senin (20/5/2024).

Menurut dia, terdapat juga risiko sosial di antaranya perasaan anti sosial, karena merasa lebih nyaman pakai gadget dibanding bersosialisasi langsung. Dan risiko cyberbullying, yang dapat mengakibatkan depresi.

“Namun, kita tidak mungkin hidup tanpa gadget. Sehingga orang tua wajib untuk mengenalkan bahwa dunia digital itu aman asalkan, memang ada pengawasan dan pengaturan keamanan, mengatur berapa lama penggunaan dan posisi badan anak dan juga menerapkan keseimbangan dengan aktivitas fisik,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button