Gaya Hidup

Pakar: Skrining pada Pasangan Jalankan Bayi Tabung Harus Serentak

INDOPOSCO.ID – Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSAB Harapan Kita Jakarta Hadi Sjarbaini meminta setiap pasangan yang berminat menjalankan program bayi tabung untuk dilakukan skrining secara serentak pada waktu yang bersamaan.

“Pemeriksaan harus dilakukan dahulu terhadap suami dan istri dan ini harus berdua. Tidak boleh ibu saja duluan itu tidak boleh, kalau misal nanti ternyata masalahnya ada di suami? Jadi dua-duanya harus segera diperiksa,” katanya dalam Siaran Sehat “Mengenal Program Bayi Tabung” yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Ia menuturkan bayi tabung istilah awam untuk menjelaskan sebuah prosedur pembuahan antara sperma dan sel telur yang dilakukan di laboratorium atau di luar tubuh manusia. Proses penggabungan keduanya akan disebut sebagai bakal janin atau embrio yang disimpan dalam wadah berbentuk seperti tabung.

Baca Juga : Atasi Masalah Kesuburan, Ada Empat Faktor Penting. Apa Saja?

Dalam melakukan program bayi tabung, setiap pasangan harus benar-benar berkomitmen karena akan menguras banyak waktu. Di samping itu, pasangan harus melakukan skrining terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas masing-masing bibit calon bayi nanti.

Pada laki-laki skrining akan dilakukan melalui pemantauan banyaknya jumlah dan kualitas sperma secara objektif. Sperma akan dimonitoring terkait apakah dapat bergerak dengan baik hingga normal tidaknya bentuk sperma yang dihasilkan.

Pada perempuan, para ahli akan memeriksa kesehatan alat reproduksinya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button