Gaya Hidup

Studi: Pandemi Ubah Pengalaman Bermimpi dan Kesehatan Mental

INDOPOSCO.IDStudi baru bertajuk “Journal of Sleep Research” dari Monashs Turner Institute for Brain and Mental Health, menunjukkan bahwa pandemi mengubah pengalaman bermimpi 45 persen orang dalam survei tersebut.

“Banyak yang melaporkan mengalami lebih banyak mimpi dan mimpi buruk daripada biasanya pada tahap awal pandemi Covid-19. Mimpi-mimpi ini dijelaskan dalam definisi tinggi- lebih hidup dan berwarna dari biasanya, dengan peningkatan kejernihan visual-tetapi sering kali memiliki perubahan yang aneh,” kata peneliti utama, dosen dan psikolog di Monashs Turner Institute Dr. Melinda Jackson, dalam keterangan pers, Jumat (29/7), seperti dikutip Antara.

Lebih lanjut, Dr. Jackson mengatakan “mimpi pandemi” ini memiliki “valensi” atau nada yang lebih negatif, dengan peserta melaporkan lebih banyak mimpi buruk, memimpikan skenario menakutkan atau mengancam seperti perang dan bencana.

Berita Terkait

Baca Juga : Mahasiswa di Luar Negeri Kalau Selesai Studi Tolong Kembali

“Ada tema bertahan hidup yang nyata untuk mimpi pandemi,” kata Hailey Meaklim, psikolog dan kandidat PhD yang memimpin studi dengan Dr. Jackson.

Hubungan antara kurang tidur dan mimpi

Tidak semua orang yang disurvei mengalami tingkat perubahan mimpi yang sama. Para peneliti menemukan orang yang mengalami kesulitan tidur – dengan insomnia – lebih mungkin melaporkan perubahan mimpi daripada individu yang terus tidur nyenyak selama pandemi.

Secara khusus, orang yang mengalami insomnia selama pandemi memiliki proporsi perubahan mimpi tertinggi (55 persen), dibandingkan dengan mereka yang memiliki insomnia sebelumnya (45 persen), atau mereka yang tidur dengan baik (36 persen).

Para peneliti menggunakan analisis Linguistic Inquiry Word Count untuk membandingkan bahasa yang digunakan oleh partisipan untuk menggambarkan mimpi mereka. Peserta dengan insomnia menggunakan kata-kata negatif secara signifikan lebih untuk menggambarkan perubahan mimpi mereka daripada orang-orang yang tidur nyenyak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button