Gaya Hidup

Ramadan Sejuk dan Sehat bersama Masjid-Masjid Jabodetabek

INDOPOSCO.ID – Ada beberapa cara yang dilakukan dalam menghadapi bulan puasa yang tinggal di depan mata. Di berbagai daerah ada acara yang lazim disebut acara mandi pembersihan diri dan ada lagi yang menyemarakkannya dengan pawai. Bagi Grup Astra, setidaknya yang tergabung dalam Yayasan Amaliah Astra (YAA), PT Federal International Finance (FIF) yang diwakili oleh brand Amitra, dan Asuransi Astra Syariah, ada kolaborasi unik dalam menyambut dan menyemarakkan bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah yang jatuh pada awal April 2022 ini. Kegiatan tersebut disebut program Ramadan Sejuk dan Sehat.

Program ini merupakan kegiatan bersih-bersih lingkungan Masjid dan Mushala di berbagai lokasi di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), bahkan ada juga di beberapa wilayah lain di di luar Jabodetabek, misalnya Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kegiatan ini antara lain membersihkan AC masjid sekaligus mengisi freon, membersihkan lingkungan masjid seperti toilet, kamar mandi, tempat wudu dan sarana lain yang ada dalam kawasan masjid atau mushala dengan pemberian peralatan untuk bersih-bersih tersebut.

Pada program ini juga, YAA melibatkan 1.000 teknisi Air Conditioner (AC) yang tergabung di dalam komunitas Master AC yang selama ini adalah binaan YAA untuk membantu membersihkan AC yang ada di masjid ataupun mushala yang pada akhirnya ingin memberikan kenyamanan dalam beribadah selama bulan Ramadan dan seterusnya.

Ketua Amanah Astra YAA, Gama A. Yagotomo mengatakan, Program Ramadan Sejuk dan Sehat ini merupakan sebuah program keberlanjutan yang dilakukan untuk mendukung umat Islam dalam beribadah dengan nyaman dan sejuk, sehingga pada akhirnya menciptakan kekhusyukan.

Baca Juga : Laba Bersih PT Federal International Finance 2021 Capai Rp 2,47 Triliun

“Program Ramadan Sejuk dan Sehat telah dilaksanakan sejak 5 tahun terakhir dengan melakukan berbagai kegiatan bersih-bersih lingkungan, seperti pembersihan AC, dan berbagai macam kegiatan untuk menjaga kebersihan dan kesejukan Masjid ataupun Mushala, sehingga menjadikan ibadah umat lebih khusyuk selama bulan Ramadan. Tahun ini jumlah terdapat 246 Masjid dan Mushala yang ada dalam program ini,” tutur Gama dalam keterangannya, Jumat (1/4/2022).

Semua kegiatan tersebut di atas sangat membutuhkan suasana yang baik, bersih, nyaman dan sejuk di dalam Masjid.

“Ïnsya Allah kami bisa menciptakan suasana tersebut,” ungkap Gama A. Yogatomo dari YAA

Sementara itu, Chief Compliance and Risk Management Asuransi Astra, Adi Sepiarso mengatakan, kegiatan hari ini dapat terlaksana atas kontribusi seluruh peserta Asuransi Astra Syariah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button