Gaya Hidup

Kenali Varian Omicron, Cegah Gelombang Ketiga

INDOPOSCO.ID – Siloam Hospitals Semarang mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap peningkatan penularan Covid-19 varian Omicron melalui bincang kesehatan bertajuk ‘Kenali Varian Omicron, Cegah Gelombang Ketiga’ pada kanal live Instagram, Jumat (7/1/2022).

Dokter Spesialis Patologi Klinik dari Siloam Hospitals Semarang, dr. Nalurita Ng. Sp. PK mengatakan, mengacu pada data WHO, karakteristik varian Omicron yang cepat menular temasuk kemampuan virus guna menyebabkan suatu penyakit.

Varian Omicron menjadi VOC (Varian of Concern) karena sifatnya yang sangat menular dan ada kemungkinan penurunan efektivitas alat diagnostic dan vaksin yang ada sekarang,” ujarnya.

Baca Juga : Cegah Meluasnya Kasus Omicron, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan

dr. Nalurita menjelaskan, varian ini menular dengan cepat dan dapat me Re-infeksi penyintas atau yang sudah mendapatkan dosis vaksin. Meskipun hingga saat ini, risiko rawat inap, gejala berat bahkan kematian akibat varian Omicron tergolong rendah.

“Tapi kita harus tetap waspada karena semakin banyak yang kena, semakin tinggi risiko kelompok rentan (lansia, anak-anak dan komorbid) untuk terkena, meningkatkan angka keterisian RS, RS penuh, lama-lama yang butuh penanganan bisa tidak tertangani,” bebernya.

PCR sebagai Deteksi Akurat

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button