Gaya Hidup

Dampak Bila Remaja Alami Kurang Gizi Kronis

INDOPOSCO.ID – Seorang remaja perempuan yang mengalami kurang gizi dan anemia dalam waktu lama karena terus didiamkan, dapat menimbulkan dampak kurang baik pada anak yang ia lahirkan nanti, salah satunya IQ lebih rendah.

“Dia akan menghasilkan keturunan yang perkembangan otaknya lebih rendah, terganggu akibatnya IQ lebih rendah (10 poin). Ketika anak ini sekolah dia punya kognitif yang lemah,” kata pakar nutrisi dari Universitas Indonesia, Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes dalam sebuah konferensi pers daring, Sabtu (2/10), seperti dikutip dari Antara.

Rita yang menjabat sebagai Ketua Indonesia Sport Nutricionist Association (ISNA) itu mengatakan, masalah lain yang juga dapat timbul ialah pertumbuhan massa tubuh anak yang rendah lalu menimbulkan kekebalan kapasitas kerjanya menurun.

Akhirnya ia tidak dapat produktif, mudah letih, mempunyai keterbatasan gerak dan lainnya, diiringi kondisi metabolik yang mengarah pada penyakit tidak menular (PTM) salah satunya diabetes.

“Kalau remaja tidak segera berubah dia akan melahirkan generasi stunting. Lalu generasi stunting itu mudah sekali mengalami gangguan metabolik, terkena diabetes lebih awal,” tutur Rita.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button