Gaya Hidup

Cara Cegah Mengompol usai Melahirkan

INDOPOSCO.ID – Ketua Perkumpulan Kontinensia Indonesia (Perkina), Prof. dr. Harrina Erlianti Rahardjo, SpU (K), PhD menyarankan para perempuan melakukan latihan otot dasar panggul sebelum hamil demi mencegah kejadian mengompol setelah melahirkan.

“Latihan otot dasar panggul sebaiknya dilakukan malah sebelum kehamilan untuk mencegah kejadian mengompol atau (agar mengompol) tidak berkepanjangan setelah melahirkan, sebelum hamil sudah dilatih,” ujar dia dalam virtual media education bertema” Beser dan Ngompol Pada Kelompok Lansia dan Laki-laki, Normalkah?”, Kamis (19/8).

Latihan ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau atas pengawasan dokter. Untuk mengenali otot yang perlu dilatih, cobalah saat berkemih setop sementara aliran urin dan lepas kembali setelah lima detik.

Berita Terkait

“Itulah otot yang ingin dilatih, pasti terasa otot apa yang dipakai untuk menyetop aliran itu dan melepaskannya. Saat tidak berkemih itulah yang dilatih dengan menjepit dan melepas,” tutur Harrina, dikutip dari Antara.

Menurut dia, di sini ada dua hal yang perlu dilatih yakni daya tahan otot dan kekuatan otot. Untuk daya tahan, cobalah menahan aliran urin saat buang air kecil sekitar 5 detik lalu melepaskannya. Sementara untuk kekuatan, bisa dengan fase cepat atau menjepit dan melepas hanya dalam 1-2 detik.

Harrina mengatakan, latihan otot dasar panggul juga perlu dilakukan saat hamil setelah berkonsultasi dengan dokter, dilanjutkan setelah melahirkan saat tubuh sudah pulih.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button