Gaya Hidup

Mau Tahu Sedapnya Gabus Pucung, Coba Resep Ini!

INDOPOSCO.ID – Siapa yang tidak mengenal kuliner yang satu ini? Ya, Pucung Gabus. Kuliner khas dari Kota Jakarta ini sering memberi rasa pada setiap perayaan hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta.

Pucung Gabus salah satu olahan yang menggunakan kluwek. Saat ini kuliner yang memiliki tampilan berwarna hitam ini sudah langka dan sulit ditemukan. Hanya beberapa kedai atau rumah makan khas Jakarta saja yang menyajikan kuliner berbahan dasar ikan gabus ini.

Lalu bagaimana cara membuat kuliner pucung gabus ini, simak ulasan berikut ini.

Untuk menyajikan pucung gabus dengan rasa selangit cukup sederhana caranya. Ibu-ibu rumah tangga cukup memilih ikan gabus yang berkualitas.

“Kita cukup membersih ikan, termarinasi merata, digoreng dengan baik, dan selebihnya meracik rempah dan mengolahnya menjadi pucung gabus yang mengundang selera,” demikian kata dikutip dari sosial media, Minggu (27/6/2021).

Untuk bahan utama pucung gabus di antaranya: 1 ekor ikan gabus, 2 sendok makan (sdm) air jeruk nipis, 1 sendok teh(sdt) garam, 750 ml air, 3 sdm Bango Kecap Manis, 1 sdm bawang merah goreng, 300 ml minyak sayur.

Kemudian bahan untuk ikan marinasi (rendam dalam bumbu), haluskan 4 siung bawang putih, 3 sdt ketumbar butiran, sangrai, 2 buah jeruk nipis (diperas), ½ sdt garam bumbu halus, 12 butir bawang merah, 8 siung bawang putih, 6 buah cabai merah keriting, 3 cm kunyit, 6 buah kluwek (ambil isinya), 4 butir kemiri (sangrai).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button