Gaya Hidup

Perhatikan Ini Saat Tolong Orang Serangan Jantung

INDOPOSCO.ID – Saat Anda melakukan pertolongan pertama pada kasus serangan jantung hingga tak sadarkan diri, seperti yang dialami legenda bulu tangkis nasional Markis Kido saat bermain bulu tangkis pada Senin (14/6), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya jangan mendudukkan tetapi membaringkannya.

“Seorang yang kolaps atau pingsan atau tidak sadarkan diri jangan didudukkan harusnya dibaringkan,” ujar dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Vito A. Damay melalui pesan elektroniknya, Selasa (15/6), dikutip dari Antara.

Vito mengatakan, membaringkan orang yang terkena serangan jantung membuat aliran darah ke otaknya lebih baik, karena posisi sejajar dengan jantung yang memompa darah.

“Kalau perlu malah kakinya diangkat 30 cm agar bisa membantu aliran balik sirkulasi darah ke jantung agar dipompa ke seluruh tubuh termasuk ke otak. Akan membantu orang yang pingsan cepat sadar penuh,” kata dia.

Selain itu, Anda jangan memberikan dia minum hingga benar-benar sadar dan bisa minum sendiri. Hal ini untuk menghindari korban tersedak dan semakin berat kondisinya. Air bisa masuk ke saluran napas karena dia tak sadar dan menelan spontan. Jadi, tunggu dia sadar dulu lalu beri dia minum. Cara ini lebih aman.

Vito mengingatkan, saat seseorang pingsan atau hilang kesadaran mendadak, Anda perlu membangunkannya walau dia tidak bisa sadar penuh. Tetapi masih ada napas spontan dan nadinya berdenyut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button