Gaya Hidup

Dari Ujung Pensil Tercipta Karya Seni Tinggi

INDOPOSCO.ID – Hanya dengan media pensil bisa dihasilkan karya seni yang tinggi. Setidaknya ini yang dilakukan Li Mingjun, seorang penata rias dari wilayah Laishui, Provinsi Hebei, Tiongkok utara. Hobi pria berusia 23 tahun itu adalah mengukir patung miniatur pada ujung pensil.

Li membagikan kreasi-kreasinya seperti ukiran binatang, karakter Bahasa Mandarin, alat musik, dan patung figur, di internet. Li pun menarik banyak pengikut dan suka –like– di dunia maya.

“Luar biasa! Inilah semangat pengrajin yang sesungguhnya,” tulis seorang pengguna di Sina Weibo, platform media sosial asal China yang mirip Twitter.

Sebelum mulai membuat sebuah karya, Li terlebih dahulu akan menggambar bentuk objek yang hendak diukir, membayangkan efek tiga dimensinya, dan bahkan membuat cetakan dengan plastisin atau tanah liat. Li butuh sekitar 10 hari hingga satu bulan untuk menyelesaikan satu karya seni.

Li mahir memilih ukuran pensil dan tingkat kekerasan yang tepat untuk membuat ukirannya. Li menggunakan beberapa jenis pensil seperti HB, 4B, dan 2B untuk membuat karya seninya.

“Pensil di atas grade (tingkat, red) 4B lebih tebal namun lebih lembut, dan butuh kekuatan yang lembut saat mengukir agar ujung pensil tidak patah. Sebaliknya, pensil di bawah grade4B lebih tipis namun lebih menuntut (teknik, red) pengukiran yang halus,” katanya kepada Xinhua dikutip dari Antara.

Untuk membuat karya seninya, dia menggunakan beberapa alat seperti tang, gunting kuku, pisau ukir, dan pisau seukuran ibu jari yang dibuatnya sendiri. Patung figur merupakan bentuk yang paling sulit diselesaikan. “Ukuran jari-jari pada sebuah patung sangatlah kecil, kurang dari 1 mm, dan saya harus mulai dari awal jika ujung pensilnya patah,” ujar Li.

Li, seorang mantan murid seni rupa murni, mulai tertarik dengan seni ukir pensil saat duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) ketika dia mengasah pensil setiap hari untuk membuat sketsa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button