Gaya Hidup

Kanker Serviks Dapat Dicegah, ini Caranya

INDOPOSCO.ID – Melakukan hubungan seksual secara rutin dengan sejumlah atau berlainan pasangan dan kebiasaan merokok pada perempuan merupakan faktor utama penyebab kanker serviks.

Hal ini diungkapkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Siloam Hospitals Manado, dr. Bismarck Joel Laihad, Sp.OG(K), pada webinar Health Talk “Penyebab dan Pencegahan Kanker Serviks”*, di kota Manado, Jumat (5/2/2021).

“Kanker serviks tidak dapat dilihat atau diraba karena terdapat di dalam anatomi tubuh wanita, sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit. Gejala umum yang timbul biasanya berupa keputihan dan menyebabkan cairan yang berbau tidak sedap,” jelasnya.

Dijelaskannya, penyebab tingginya kasus kanker serviks melalui infeksi virus dari Human Papillomavirus (HPV), 90 persen melalui hubungan seksual. Sementara 10 persen lagi terjadi melalui non seksual. Umumnya, pasien terjangkit kanker serviks sebesar 70 persen dalam keadaan stadium 2B atau stadium lanjut dan harus dilakukan tindakan operasi.

“Umumnya pasien datang dengan keluhan susah buang air kecil atau susah buang air besar, juga keluhan keputihan di lingkup organ vagina. Walaupun tidak semua keputihan merupakan gejala kanker serviks,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button