Gaya Hidup

Ini Cara Efektif Hindari Stroke, Kenali Gejalanya

INDOPOSCO.ID – Pada tahun 2014, Penelitian Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan mencatat 21,1 persen dari seluruh penyebab kematian adalah stroke.

Kemudian, data Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) pada 2009 menyebutkan 65 persen pasien stroke mengalami kecacatan dari berbagai level. Tidak hanya mereka yang tidak bisa berjalan dan bergerak, tapi juga gejala lain yang mengindikasikan seseorang terkena stroke.

Dokter Spesialis Saraf dari Siloam Hospitals Ambon, dr. Enseline Nikijuluw, Sp.S., mengatakan, membangkitkan rasa gembira dan bahagia, merupakan cara efektif dan mudah yang dapat dilakukan untuk menghindari stroke.

“Pada saat kita gembira atau merasa senang, itu akan membuat keseimbangan hormon-hormon dan neurotransmiter otak. Maka itu akan mempengaruhi kerja organ-organ di tubuh agar lebih aktif dan seimbang,” ujar dia, dalam webinar kesehatan yang digelar Manajemen Siloam Hospitals Ambon dengan tema “Kenali Stroke Mitos versus Fakta”, Kamis (4/2/2021).

Dalam hal ini, ia juga menjelaskan sejumlah fakta dan mitos terkait stroke. Adapun beberapa informasi yang tidak benar seputar penyakit stroke itu di antaranya stroke merupakan penyakit orang tua dan tidak bisa dicegah, serta merupakan penyakit keturunan dan penyebab penyakit jantung.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button