Satu Dekade Ninja Xpress: Mendengar Lalu Bertindak

INDOPOSCO.ID – Memasuki satu dekade hadir untuk pelaku usaha, Ninja Xpress menegaskan komitmen yang sama sejak 2015: mendengar kebutuhan bisnis lalu menerjemahkannya menjadi solusi operasional yang relevan, dari UMKM hingga korporasi. Momentum ini sejalan dengan arah kebijakan pemerintah yang baru saja meluncurkan 17 paket stimulus ekonomi “8+4+5” senilai Rp16,23 triliun untuk mendorong pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja. pemerintah juga menyiapkan Tim Akselerasi yang dikoordinasikan Menko Perekonomian dan Menko Pangan bersama Wamenkeu guna memperlancar eksekusi program prioritas. Di saat yang sama, Purbaya Yudhi Sadewa resmi menjabat Menteri Keuangan mengusung agenda pro pertumbuhan yang tetap menuntut disiplin implementasi. Seluruh arah ini selaras dengan fokus Ninja Xpress: menjaga arus barang makin efisien, andal, dan terukur agar pelaku usaha bisa konsisten bertumbuh.
“10 tahun bersama bukan sekadar skala jaringan, tapi kebiasaan mengubah insight menjadi layanan, dari routing yang lebih presisi, opsi layanan B2B ritel, sampai rantai dingin untuk produk sensitif suhu,” ujar Andi Djoewarsa CMO Ninja Xpress. “Di 2025 kami melihat tiga sorotan: Ninja B2BR melaju di otomotif & beauty, Ninja cold kian lengkap dengan Ninja Chill, dan Ninja cross border makin dekat dari titik asal di Jabodetabek hingga Jabar.
Satu dekade Ninja Xpress adalah cerita tentang bergerak bersama pelanggan: menghubungkan, mengangkat, dan berinovasi. Terima kasih untuk setiap mitra dan pelanggan yang menjadikan perjalanan ini berlanjut. Mari melangkah ke 10 tahun berikutnya dengan dampak yang lebih luas.
Ninja B2BR: Pengiriman Otomotif & Elektronik Tumbuh lebih dari 15%
Data internal Ninja Xpress 2025 menunjukkan kategori automotive dan electronic memimpin pertumbuhan pengiriman Ninja B2BR hingga lebih dari 40%, juga peningkatan pengiriman pada kategori F&B sebesar 50%. Kategori ini menuntut efisiensi operasional, visibilitas stok, dan kelincahan restock di ritel modern maupun jaringan dealer suku cadang.
Dengan tagline Garansi Hemat sampai tujuan, Layanan Ninja B2BR diharapkan dapat membantu pelaku bisnis di Jawa Barat dalam mengelola manajemen rantai pasok mereka dengan lebih baik, menyediakan solusi logistik yang sesuai dengan skala dan kebutuhan masing-masing bisnis. Dengan demikian, Ninja Xpress tidak hanya menjadi mitra logistik, tetapi
juga partner strategis dalam mendukung keberlanjutan bisnis di Bandung. Hal tersebut didukung dengan fitur utama yaitu:
● Pengantaran Multi-Parcel hanya dengan satu airwaybill atau satu bukti cetak dokumen terkait dengan pengiriman barang melalui udara.
● Pengembalian Delivery Order (DO) yang tidak dipungut biaya tambahan.
● Layanan Full truck Load (FTL) yang bisa melakukan pengantaran di lebih dari satu titik.
● Fasilitas asuransi untuk high value items atau kargo hingga Rp 500.000.000 dan fasilitas priority tagging. Sehingga memberikan kepastian dalam pengiriman barang berharga perusahaan.
● Harga dan SLA yang kompetitif.
Kategori F&B Meningkat hingga 10%, Pengiriman Rantai Dingin Diperluas: dari Ninja Cold (−18 °C) ke Ninja Chill (0–5 °C)
Dengan adanya peningkatan pengiriman kategori F&B sebesar 50% , Ninja Xpress juga terus membantu bertumbuh melalui pengiriman Ninja Cold. Setelah Ninja Cold menstandarkan pengiriman beku (−18 °C) bagi UMKM hingga B2B, dengan fokus garansi beku sampai tujuan, Ninja Xpress memperluas kapabilitas ke Ninja Chill (0–5 °C) untuk kategori produk segar: sayur, dairy, pastry fresh, hingga mixed chill basket ritel. EFS Chill (Eco-Freeze System) adalah solusi pasif berinsulasi yang menjaga ≤5 °C tanpa listrik saat transit, dilengkapi data logger/bukti visual di asal dan tujuan serta SLA Next-Day, dirancang untuk kualitas, tekstur, dan shelf life yang konsisten. Mengusung Garansi Segar Sampai Tujuan, Ninja Cold dan Ninja Chill beroperasi di Jabodetabek dan Jawa Barat.
Seluruh pengembangan produk Ninja cold berangkat dari suara pelanggan: Dari hasil survei Ninja Xpress dan MNC Portal Litbang pada akhir 2024 kepada 1.100 responden pembeli online (e-shopaholics) di Jabodetabek dan luar Jabodetabek, terdapat sebanyak 93,9% melakukan pembelian frozen food didorong oleh meningkatnya preferensi konsumen terhadap kenyamanan dan kepraktisan.
Tidak hanya konsumen, pemilik bisnis seperti pawon sentratama juga menyadari kebutuhan akan pengiriman dingin yang solutif. Pawon Sentra Tama (bagian dari Cedea Seafood) adalah UKM yang memasok ke brand F&B seperti Shigeru, Genki Sushi, AEON Sushi, Shabu Hachi, hingga Hachi Grill. Bagi Pawon, tantangannya bukan hanya tiba tepat waktu, tapi tiba dalam kondisi -18°C yang terbukti agar penerimaan di dapur klien berjalan mulus dan kualitas tetap terjaga. “Ketika rute berubah, yang bikin kami tenang adalah ada bukti suhu –18°C dari titik muat sampai diterima. Selebihnya, kami bisa fokus ke produksi dan pelayanan. Oleh karena itu, Yang kami butuh itu dingin yang konsisten, bukan sekadar cepat.” Dasep Isbandi, Logistic Manager Pawon Sentra Tama.
Ninja Cross Border: Kini dari Seluruh Mitra di Jabodetabek-Jawa Barat → Malaysia & Singapura
Jika sebelumnya origin pengiriman terkonsentrasi di Jakarta, sekarang pelaku usaha di seluruh jaringan mitra Ninja Xpress di Jabodetabek hingga Jawa Barat bisa langsung mengirim ke Malaysia dan Singapura. Dampaknya: first-mile lebih dekat, lead time lebih singkat, slot keberangkatan lebih banyak, dan daya saing harga meningkat. Inisiatif ini merupakan bagian dari pengembangan internasional yang kami petakan dalam peta jalan layanan 2025. (srv)
Tentang Ninja Xpress
Ninja Xpress mengirimkan paket ke hampir 100% wilayah Indonesia dengan jaringan lebih dari
1.000 hub. Hadir sejak 2015, kami siap bantu UMKM sampai di tujuan dengan opsi layanan fleksibel, pelacakan real-time, serta dukungan pelanggan melalui Respon Cepat dan Resolusi Tepat. Sebagai komitmen kepada pelaku UKM, kami menyediakan solusi komprehensif edukasi (riset Suara UMKM Negeri, blog.ninjaxpress.co). Dengan tagline siap bantu sampai tujuan, Ninja Xpress memberikan garansi:
1) Garansi Hemat sampai Tujuan untuk Ninja B2BR
Solusi pengiriman B2B yang efisien dan adaptif untuk kebutuhan merchant dan brand: pengambilan terjadwal, konsolidasi kiriman, SLA yang jelas, serta visibilitas operasional terpadu membuat biaya lebih terkendali tanpa mengorbankan keandalan.
2) Garansi Beku sampai Tujuan untuk Ninja Cold
Layanan cold chain untuk frozen food yang menjaga suhu beku ≤−18°C sepanjang perjalanan dengan (Eco-Freeze System) tanpa listrik. Didukung data logger (bukti suhu), ice plate berkapasitas hingga −40°C, model pay-per-use tanpa MOQ, praktik yang mengacu ISO 23412, serta Sertifikasi Halal. Saat ini beroperasi di Jakarta, Bekasi, dan Bandung siap mendukung UMKM hingga enterprise menjaga mutu produk beku dari gudang hingga penerimaan.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk dan layanan Ninja Xpress, silakan kunjungi halaman Ninja Xpress di https://www.ninjaxpress.co/id-id atau hubungi [email protected].