Digital PR Menjadi Bagian dari Strategi Bisnis Dharma Polimetal

INDOPOSCO.ID – PT Dharma Polimetal Tbk, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur komponen otomotif menjadi salah satu perusahaan manufaktur terkemuka dan sukses di bidangnya. Sebelum dikenal sebagai perusahaan manufaktur komponen otomotif, perusahaan yang mengawali bisnis sejak tahun 1989 ini dikenal sebagai perusahaan manufaktur peralatan supermarket. Ditahun 1991, perusahaan memasuki industri manufaktur alat kesehatan. Kemudian tahun 1994, perusahaan mengambil langkah besar di sektor otomotif dengan memproduksi komponen kendaraan roda dua, yang diperluas ke kendaraan roda empat pada tahun 2006.
Pada tahun 2013, perusahaan mulai fokus pada produksi komponen otomotif dan menghentikan bisnis peralatan supermarket dan kesehatan. Langkah strategis ini menjadi landasan bagi perkembangan jangka panjang Perseroan, untuk memasuki Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2021, yang membuat bisnisnya terus berkembang, dengan kehadiran 8 (delapan) Perusahaan Anak dan 2 (dua) Perusahaan Asosiasi atau ventura bersama, Perseroan kini melayani hampir seluruh merek besar yang mendominasi pasar otomotif roda dua dan roda empat di Indonesia.
Ari Indra Gautama, Corporate Secretary PT Dharma Polimetal Tbk mengungkapkan, hingga tahun 2025 menunjukkan kemajuan yang signifikan. Perusahaan telah berkembang menjadi sebuah perusahaan induk dari Dharma Group yang mengedepankan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan menjadikan teknologi sebagai keunggulan operasionalnya. Dalam hal penjualan, PT Dharma Polimetal Tbk telah mencatatkan peningkatan yang signifikan. Perusahaan telah menambah portofolio bisnisnya melalui ekspor komponen mobil ke Amerika Serikat.
Jangkauan pasar atau distribusi PT Dharma Polimetal Tbk juga telah berkembang. Perusahaan ini telah menjadi bagian dari mata rantai pasokan otomotif terintegrasi dengan produk-produk suku cadang dan komponen yang inovatif dan berkualitas sesuai dengan standar pabrikan kelas dunia.
Diferensiasi produk yang dihasilkan oleh PT Dharma Polimetal Tbk juga merupakan salah satu keunggulan perusahaan ini. Dengan fokus pada produksi komponen otomotif untuk sepeda motor dan mobil, perusahaan ini telah menjadi salah satu pemain utama di industri otomotif nasional. Saat ini Perusahaan juga sedang gencar melakukan pengembangan pada produk-produk yang ramah lingkungan untuk mendukung EV seperti Charging Station, Energy Storage System dll.
Diakui oleh Ari, keberlangsungan bisnis perseroan tak luput dari aktivitas Public Relations yang dijalankan oleh perusahaan. Karena bagi perusahaan Public Relations sangat penting bagi perusahaan, guna meningkatkan kesadaran tentang produk dan jasa perusahaan, membangun reputasi positif sebagai perusahaan yang inovatif dan berkualitas, dan emperkuat hubungan dengan stakeholder, termasuk pelanggan, investor, dan komunitas.
“Dengan demikian, PR menjadi salah satu strategi bisnis yang sangat penting untuk PT Dharma Polimetal Tbk dalam mencapai tujuan bisnisnya,” jelas Ari.
Di era digital, PT Dharma Polimetal Tbk memanfaatkan teknologi digital untuk membangun citra perusahaan yang positif melalui beberapa cara. Beberapa aktivita PR yang dijalankan melalui digital seperti paparan Publik Secara Hybrid: PT Dharma Polimetal Tbk telah melaksanakan paparan publik elektronik melalui aplikasi Zoom Meeting, yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan stakeholder dan membangun citra positif.
Tidak cukup sampai di situ, Perseroan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional, sehingga membangun citra positif sebagai perusahaan yang inovatif dan berkualitas. Dan untuk membangun reputasi positif di media sosial, perusahaan memanfaatkan sosial media untuk membangun reputasi positif, seperti melalui instagram, linkedin, website, dan lain-lain.
“Pemanfaatan platform digital sudah dilakukan oleh Perusahaan sejak 2014 dengan Website sebagai platform pertamanya. Setelah Perusahaan mencatatkan namanya di IDX, Perusahaan semakin gencar menggunakan platform digital lainnya seperti Instagram dan Linkedin,” jelas Ari.
Lebih lanjut Ari menjelaskan, beberapa aktivitas Digital PR yang dijalankan meliputi, perusahaan menggunakan sosial media untuk menyampaikan informasi tentang perusahaan, seperti sejarah perusahaan, visi dan misi, serta nilai-nilai perusahaan. Informasi seputar produk dan layanan yang ditawarkan, serta keunggulan dan manfaatnya. Informasi tentang kegiatan perusahaan seperti seminar, dan konferensi. Dan untuk menyampaikan informasi tentang kesadaran publik, seperti kampanye sosial dan kegiatan amal.
Yang menarik dari aktivitas Digital Public Relations PT Dharma Polimetal Tbk, perusahaan tidak menetapkan anggaran pasti untuk kegiatan PR, sehingga kegiatan ini lebih fleksible mengikuti dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleb Perusahaan.
Namun demikian ada beberapa kunci sukses aktivitas Digital PR yang dijalankan, antara lain; perusahaan memiliki strategi yang jelas dan terintegrasi dengan tujuan bisnis perusahaan. Membuat konten yang berkualitas, relevan, dan menarik bagi audiens. Menggunakan media sosial yang efektif untuk mencapai audiens yang tepat. Berinteraksi dengan audiens secara aktif dan responsif untuk membangun hubungan yang kuat. Mengukur dan mengevaluasi hasil Digital Public Relations untuk memastikan bahwa strategi yang digunakan efektif.
Menggunakan kreativitas dan inovasi untuk membuat konten yang unik dan menarik. Bekerja sama dengan tim lainnya, seperti tim marketing, tim komunikasi, dan tim IT untuk memastikan bahwa strategi Digital Public Relations terintegrasi dengan baik. Memahami audiens yang tepat dan membuat konten yang relevan dengan mereka.
Konsisten dalam mengupdate konten dan berinteraksi dengan audiens. Dan menggunakan etika dan transparansi dalam melakukan Digital Public Relations untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki reputasi yang baik. (ibs)