Ekonomi

Mentan Bersama Pj Gubernur Gorontalo Lepas Ekspor Perdana Jagung ke Filipina

INDOPOSCO.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin melepas ekspor perdana komoditas jagung sebanyak 50.000 ton menuju Filipina.

“Ini luar biasa karena lima bulan lalu kita impor 250 ribu ton jagung, tetapi hari ini kita mengekspor ke Filipina 50.000 ton,” kata Mentan di sela melepas ekspor komoditas jagung di Kecamatan Anggrek, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, seperti dilansir Antara, Rabu (29/5/2024).

Menurut Mentan, adanya ekspor tersebut merupakan bentuk kebangkitan di sektor pangan yang ada di Gorontalo khususnya jagung.

Apalagi, daerah tersebut bukan hanya ekspor, namun juga telah mengirim ke beberapa daerah yang ada di Indonesia sebanyak 264 ribu ton.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kerja pemerintah dalam meningkatkan volume ekspor dan juga meningkatkan produktivitas jagung di Provinsi Gorontalo,” ucap Amran dalam keterangan di Jakarta.

Mentan menargetkan Provinsi Gorontalo menjadi percontohan keberhasilan daerah dalam meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani secara cepat.

Dia menargetkan tahun depan Gorontalo mampu mencapai produksi di atas 2 juta ton dari produksi saat ini yang 1,5 juta ton.

“Oleh karena itu, kami beri bantuan benih untuk 100 ribu hektare di Provinsi Gorontalo. Insya Allah, tahun depan Gorontalo mencapai target di atas 2 juta ton. Saya yakin pasti bisa karena orang Gorontalo sangat hebat. Saya juga mengapresiasi Gorontalo yang telah membuka wajah kita di mata internasional dari sebelumnya impor ke ekspor,” katanya.

Mentan mengatakan pertanian adalah sektor paling strategis yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian nasional. Karena itu, ke depan, pihaknya menargetkan swasembada dan juga Indonesia lumbung pangan dunia.

“Dulu kita swasembada tiga kali dan yang melakukan ini kita semua. Tetapi, tahun ini harus kita tingkatkan menjadi lumbung pangan dunia karena itu berbagai program yang ada ini perlu disempurnakan,” katanya.

Sementara itu, Rudy Salahuddin mengaku bersyukur atas kerja keras petani dan juga dukungan langsung jajaran Kementerian Pertanian yang terus berupaya meningkatkan produksi jagung di wilayah kerjanya.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button