Ekonomi

SKK Migas Ingatkan Vendor Nasional Perhatikan Mutu Produk TKDN

INDOPOSCO.ID – Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengingatkan kepada vendor nasional untuk memperhatikan mutu produk dalam rangka menunjang pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Jangan sampai ada produk sudah disampaikan, kualitasnya ditolak. Itu kerugiannya di vendor akan luar biasa besar,” ujar Dwi Soetjipto dalam konferensi pers setelah membuka acara Pre IOG SCM & NCB Summit di Batam, Kepulauan Riau, seperti dikutip Antara, Rabu (3/7/2024).

Dwi meminta kepada para vendor untuk memperhatikan kemampuan mereka dalam berproduksi. Ia mencontohkan, apabila sebuah vendor hanya mampu memproduksi 200–400 produk, maka jangan menyanggupi proyek yang melebihi kapasitas produksi tersebut.

“Jangan dipaksa ambil semua (proyek), tapi ternyata kemudian harus dikembalikan (produknya) karena gagal dari sisi kualitas. Itu mereparasinya pasti akan lebih mahal lagi,” kata Dwi.

Selain itu, Dwi juga berpesan kepada vendor lokal untuk lebih semangat dalam berproduksi, khususnya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya.

“Tolong kemampuannya ditingkatkan. Produknya jangan diimpor, lalu di sini dicat saja. Produknya dicat saja, terus katanya TKDN-nya 70 persen hanya dengan mengecat saja. Jangan (seperti itu),” ucap Dwi.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button