Ekonomi

Industri Properti Masih Berpeluang Tumbuh Tahun Depan

INDOPOSCO.ID – Pengamat properti Anton Sitorus menilai industri properti masih berpeluang untuk tumbuh pada tahun depan seiring dengan pemulihan ekonomi domestik yang diprediksi masih terus berlanjut.

“Tahun depan kalau bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi di kisaran 4,5-5 persen, industri properti pasti akan tetap memiliki ruang pertumbuhan. Perkembangan terutama akan terjadi di segmen-segmen residensial dan logistik. pemulihan ekonomi yang sudah mulai terjadi pada tahun ini saya pikir juga masih akan terus berlanjut,” ujar Anton dalam keterangan di Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu (28/12/2022).

Sampai November 2022 Bank Indonesia turut mencatat kredit pemilikan rumah dan kredit pemilikan apartemen masih berada dalam tren positif dengan pertumbuhan 8 persen (yoy) dan secara kuartalan pada kuartal III 2022 pertumbuhan mencapai 3,27 persen, yang merupakan pertumbuhan paling tinggi sejak 2020.

Berita Terkait

Baca Juga : Ini Kekurangan dan Kelebihan Membeli Rumah Seken

Sementara melansir rumah. com Indonesia Property Market Report Q3-2022, permintaan terhadap apartemen tumbuh 12,4 persen (QtoQ), namun belum diiringi pertumbuhan pasokan yang tumbuh 3 persen (QtoQ). Sementara indeks harga malah terkontraksi 0,5 persen (QtoQ).

Anton menjelaskan keseimbangan antara pasokan, harga, dan permintaan, saat ini memang menjadi tantangan para pengembang apartemen kini hingga tahun depan. Para pengembang yang dapat mengatasi tantangan tersebut, niscaya dapat mendorong mendapat respons positif dari pasar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button