Ekonomi

Rupiah Menguat Seiring Mulai Tenangnya Pasar Usai BoE Beli Obligasi

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (30/9) pagi menguat seiring mulai tenangnya pasar setelah Bank Sentral Inggris, Bank of England (BoE), membeli obligasi pemerintah.

Rupiah pagi ini menguat 68 poin atau 0,44 persen ke posisi Rp15.195 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.263 per USD.

“Peluang rupiah hari ini cukup baik, memang sangat dipengaruhi oleh sentimen global,” kata Ekonom Senior Mirae Asset Sekuritas Rully Arya Wisnubroto saat dihubungi di Jakarta, Jumat (30/9), seperti dikutip daei Antara.

Berita Terkait

Rully menyampaikan dalam beberapa hari terakhir memang banyak terpengaruh oleh sentimen pelemahan pound sterling, karena terjadi gejolak di pasar obligasi pemerintah.

“Pasar sudah agak tenang setelah BoE melakukan intervensi, dengan komitmen senilai GBP 65 billion,” ujar Rully.

Pound sterling naik tajam dalam perdagangan yang fluktuatif pada akhir perdagangan Kamis (29/9) atau Jumat (30/9) pagi WIB, reli dari rekor terendah yang dicapai pada Senin (26/9), setelah BoE melakukan pembelian obligasi untuk menstabilkan pasar keuangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button