Ekonomi

DEN: Indonesia akan Kuasai Teknologi Baterai Listrik

INDOPOSCO.ID – Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Satya Widya Yudha mengatakan Indonesia akan menguasai teknologi baterai listrik dalam beberapa waktu ke depan.

Menurut dia, peresmian pabrik baterai mobil listrik oleh Presiden Joko Widodo di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022), turut menandai upaya pemerintah mengakselerasi pertumbuhan industri baterai listrik di Indonesia.

“Peresmian itu merupakan indikasi untuk meningkatkan elektrifikasi sekaligus mengurangi impor BBM dan menurunkan emisi karbon, sebab 27 persen emisi sektor energi disumbangkan sektor transportasi,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk “Ambisi Industri Baterai Listrik Indonesia” yang ditayangkan di salah satu televisi nasional, Satya mengatakan mengacu pada Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) pemanfaatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) ditargetkan akan mendorong pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk 2.200 unit mobil listrik dan 2,1 juta unit sepeda motor listrik pada 2025.

Baca Juga: Pastikan Baterai Aman, Pebalap Formula E Antisipasi Cuaca Panas DKI

“Dengan demikian, industri baterai perlu diperkuat, salah satunya dengan menciptakan ekosistem pembangunan industri baterai yang terintegrasi dari hulu ke hilir,” tambahnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button