Ekonomi

Sejumlah Perusahaan Lihat Prospek Bisnis saat Investasi di GoTo

INDOPOSCO.ID – Pengamat pasar modal Reza Priyambada menilai sejumlah perusahaan melihat prospek bisnis dan potensi kolaborasi dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) saat melakukan investasi di perusahaan tersebut.

Menurut Reza, investasi yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan terhadap GoTo, kiranya perlu dipisahkan antara investasi dalam bentuk penyertaan terhadap bisnis dan investasi dalam bentuk non bisnis.

Investasi yang terkait dengan bisnis bisa diilustrasikan seseorang ikut berinvestasi dalam bisnis perusahaan tersebut. Artinya, dia tidak terlalu melihat apakah harga saham di pasar naik atau turun. Hal itu seperti dilakukan Telkom, di mana melihat potensi masa depan dan kolaborasi untuk meningkatkan nilai perusahaan.

“Yang penting, perusahaan yang dipilih untuk investasikan masih berjalan dan terus mengembangkan bisnisnya. Concern-nya ialah kepada kelangsungan bisnis dan pengembangan maupun ekspansi bisnis yang dilakukan,” ujar Reza, melauli keterangannya, di Jakarta, Sabtu (21/5/2022), seperti dikutip Antara.

Sementara itu jika investasi non bisnis, lebih melihat ke imbal hasil atau return jangka pendek yang bisa diambil alias ada target return yang hendak dicapai. Alhasil, sebuah perusahaan atau seseorang yang berinvestasi tidak perlu tahu bagaimana bisnis yang dijalankan atau bagaimana cara mereka untuk mengembangkan maupun ekspansi bisnis.

“Yang diperhatikan ialah apakah saham tersebut naik atau turun karena berpengaruh pada hasil investasinya,” kata Reza.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button