Ekonomi

Terkait Larangan Ekspor CPO, Ini Prediksi Guru Besar Untan

INDOPOSCO.ID – Guru Besar Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Prof. Thamrin Usman DEA memprediksikan bahwa kebijakan pelarangan ekspor minyak mentah sawit atau CPO yang akan dimulai pada 28 April 2022 dengan batas waktu yang belum ditentukan akan berlangsung hanya sebentar.

“Kebijakan larangan ekspor hanya sebentar saja. Ada beberapa faktor yang akan melunakkan larangan tersebut,” ujarnya di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (25/4/2022) .

Ia menyebutkan, faktor yang melunakkan kebijakan tersebut di antaranya pajak ekspor CPO yang cukup besar. Pemerintah memanfaatkan pajak ekspor CPO untuk memberikan subsidi kepada komitmen dunia terhadap penurunan emisi di Indonesia dalam bentuk bantuan terhadap harga jual biodiesel. di Tanah Air.

“Faktor lainnya yakni akibat dari perang Rusia dengan Ukraina. Kita ketahui bahwa Ukraina sebagai negara penghasil minyak goreng dari bunga matahari di Eropa tidak dapat menyuplai kebutuhan minyak goreng. Ditambah lagi, dengan produksi kedelai yang tidak optimal pada tahun ini berakibat pada berkurangnya suplai total minyak goreng dunia. Dampak itu dunia akan mengandalkan suplai alternatif dari CPO,” jelas dia dilansir Antara.

Baca Juga: Pemerintah Klaim Larangan Ekspor CPO Tak Terdampak ke Investasi

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button