Ekonomi

Kemenkeu Minta Stop Kebiasaan Kebut Penyerapan Anggaran

INDOPOSCO.ID – Kementerian Keuangan meminta para pengelola APBN menghentikan kebiasaan mengebut penyerapan anggaran di akhir tahun karena dinilai tidak efisien dan menimbulkan berbagai risiko.

“Dalam lima tahun terakhir secara nasional kebiasaan yang ditemui pada triwulan III dan IV penyerapan anggaran mencapai 35 persen, apalagi pada Desember hanya efektif 15 hari kerja sehingga perlu menjadi perhatian semua,” kata Direktur Pelaksana Anggaran Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Tri Budhianto seperti dikutip Antara, Selasa (29/3/2022).

Ia menyampaikan hal itu pada rapat koordinasi pelaksanaan anggaran 2022 dengan tema Akselerasi Belanja Kementerian Negara/Lembaga Guna Pemulihan Ekonomi.

Tri menyampaikan APBN merupakan salah satu komponen paling penting dalam pemulihan ekonomi terutama setelah pandemi Covid-19. “Oleh sebab itu perlu dipastikan APBN efektif perannya dalam membangkitkan kembali perekonomian,” ujarnya.

Karena itu kecepatan dalam merealisasikan penyerapan anggaran menjadi penting agar mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kontraksi.

Menurut dia, saat penyerapan anggaran dikebut di akhir tahun maka sejumlah risiko akan mengintai.

Baca Juga: Kemenkeu: Investasi PPS Dorong Transformasi Ekonomi

“Pertama sudah pasti manfaat yang harusnya dirasakan masyarakat jadi tidak bisa diterima,” katanya

Ia memberi contoh jika membangun jembatan harusnya dinikmati masyarakat di tahun berjalan, tapi kalau dibangun akhir tahun maka warga tak bisa merasakan pembangunan yang seharusnya sudah sejak awal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button