Ekonomi

Pemerintah Pastikan Ekonomi Tetap Tumbuh di Masa Transisi Energi

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan ekonomi nasional tetap tumbuh, meski negara sedang berhadapan dengan program transisi energi dari fosil ke energi baru terbarukan.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan pihaknya akan memastikan proses-proses menuju ke masa transisi energi tidak memberikan dampak sosial ekonomi.

“Kami memastikan penyediaan energi masyarakat tetap terjamin, masyarakat tetap bisa membeli listrik, membeli bahan bakar sesuai dengan kemampuannya, dan di saat yang sama kita bisa memastikan terjadi upaya penurunan gas rumah kaca khususnya di sektor energi,” kata Dadan dalam dialog daring transisi energi mewujudkan ekonomi hijau IDX Channel yang dipantau di Jakarta, seperti dikutip Antara, Jumat (11/3/2022).

Baca Juga : DPR Cium Praktek Rente di Pengadaan Batu Bara PLN

Selama masa transisi energi, Indonesia akan memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia secara bertahap dan dipercepat dalam prosesnya melibatkan berbagai macam stakeholder.

Dadan menyampaikan pemerintah tidak ingin melihat upaya percepatan transisi yang secara tiba-tiba dengan memanfaatkan energi terbarukan memunculkan masalah dari sisi penyediaan listrik, seperti kasus yang sempat terjadi di beberapa negara Eropa akhir-akhir ini.

Pemerintah Indonesia lantas membawa isu transisi energi agar masuk ke dalam presidensi G20 karena forum itu mempunyai suara yang sangat baik dan sangat besar dalam pengelolaan energi di level dunia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button