Ekonomi

Bank Dunia Gelontorkan USD157 Miliar untuk Tangani Covid-19

INDOPOSCO.ID – Presiden Bank Dunia, David Malpass menyatakan pihaknya telah menggelontorkan dana mencapai 157 miliar dolar AS untuk menangani pandemi Covid-19 terutama membantu negara-negara berkembang.

“Bank Dunia (menggelontorkan) senilai 157 miliar dolar AS terhadap Covid-19, ini belum pernah terjadi sebelumnya. Itu (dana) adalah pertumbuhan tercepat dan terbesar dalam sejarah kami,” katanya dalam agenda Presidensi G20 Indonesia di Jakarta, Kamis (17/2/2022), seperti dilansir Antara.

Malpass menjelaskan dana itu digunakan untuk membantu negara-negara mengevaluasi kesenjangan kapasitas kesehatan, membiayai sistem kesehatan, mengamankan vaksin dan menyediakan vaksinasi bagi negara-negara termiskin.

Ia menuturkan pembiayaan dari Bank Dunia sampai pekan lalu telah membantu 67 negara untuk membeli vaksin lebih dari setengah miliar dosis dan memperkuat sistem kesehatan.

Penguatan sistem kesehatan ini meliputi pelatihan tenaga kerja, peningkatan kesadaran publik, kampanye, logistik, penyediaan jarum suntik dan paket pengujian.

“Kesiapsiagaan dan pembangunan untuk masa depan adalah inti dari misi bank dunia melalui proyek-proyek kesehatan yang komprehensif,” ujarnya.

Ia menegaskan Bank Dunia bekerja untuk memperkuat sistem kesehatan di lebih dari 100 negara dengan portofolio aktif senilai total USD30 miliar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button