Ekonomi

Bisnis Internasional BNI Tumbuh Positif

INDOPOSCO.ID – Bisnis utama Internasional PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang berasal dari segmen trade finance dan remitansi mampu tumbuh sangat baik pada periode pemulihan ekonomi tahun 2021 lalu.

Sejalan dengan momentum pembalikan kinerja perdagangan luar negeri Indonesia di 2021, volume trade ekspor BNI tumbuh di kisaran 76,73 persen, sedangkan volume perdagangan impor BNI di kisaran 120,41 persen. Bahkan, akselerasi pertumbuhan kinerja itu lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan volume perdagangan nasional yang 41.88 persen untuk ekspor dan 38.59 persen untuk impor.

Hal ini turut mendorong kenaikan pendapatan berbasis fee atau fee based income (FBI) perdagangan yang di tahun 2021 tumbuh sebesar 7,46 persen secara tahunan (YoY). Komoditas ekspor utama melalui BNI antara lain di sektor oil dan gas serta mineral, iron dan steel, serta wood. Sedangkan untuk komoditas impor tertinggi BNI di antaranya di sektor oil dan gas serta mineral, iron dan steel, serta chemical. Adapun, negara tujuan tertinggi dari bank global Indonesia ini adalah Singapura, Hongkong, China dan Jepang. Serta Ilimpor BNI tertinggi berasal dari Singapura, UAE, Hongkong dan India.

Direktur Treasury dan International BNI, Henry Panjaitan menuturkan, akselerasi pemulihan kinerja bisnis Internasional BNI mampu menjadi motor pendorong kinerja perdagangan luar negeri Indonesia.

“Ini dikarenakan BNI tidak sekedar mengikuti tren pertumbuhan, tetapi juga aktif mencari ceruk-ceruk pertumbuhan bisnis internasional baru selama masa pandemi tahun lalu,” ujarnya kepada media, Kamis (10/2).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button