Ekonomi

Bea Cukai Fasilitasi Repatriasi Pekerja Migran Indonesia

INDOPOSCO.ID Bea Cukai terus berupaya memberikan layanan kepabeanan dan cukai yang optimal untuk setiap pengguna jasanya, termasuk para pekerja migran Indonesia (PMI), yaitu setiap warga negara Indonesia yang akan, sedang, atau telah melakukan pekerjaan dengan menerima upah di luar wilayah Republik Indonesia. Dalam memfasilitasi repatriasi atau kepulangan para PMI kembali ke Indonesia, Bea Cukai secara aktif memberikan kemudahan layanan sekaligus mengedukasi para PMI atas aturan di bidang kepabenan dan cukai sesampainya mereka tiba di tanah air.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Selasa (08/02) menyebutkan beberapa kantor pelayanan Bea Cukai, seperti Bea Cukai Juanda dan Bea Cukai Jayapura, telah memfasilitasi repatriasi PMI dengan baik untuk menghormati para pahlawan devisa negara tersebut dan memenuhi hak mereka dalam memperoleh pelayanan yang profesional dan manusiawi, serta perlakuan tanpa diskriminasi.

Bea Cukai Jayapura memfasilitasi repatriasi empat belas orang PMI yang kembali dari Papua Nugini melalui PLBN Skouw. Bekerja sama dengan Tim Balai Karantina Kesehatan, Pemerintah Provinsi Papua dan seluruh instansi terkait di PLBN Skouw, Bea Cukai melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang sebelum para PMI melanjutkan perjalanan menuju tempat karantina,” ungkap Hatta.

Baca Juga : Bea Cukai Fasilitasi Kunjungan Persiapan G20 Indonesia

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button