Ekonomi

Bea Cukai Dorong Potensi Usaha Dalam Negeri lewat Pemberian Fasilitas dan Asistensi Kepabeanan

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai berikan fasilitas dan asistensi kepabeanan kepada para pelaku usaha dalam negeri sebagai langkah dalam memaksimalkan potensi mereka dan mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Di awal tahun 2022 ini, Bea Cukai Wilayah Jakarta memberikan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) bagi PT Astrazeneca Indonesia.

“KITE merupakan salah satu fasilitas kepabeanan yang memperbolehkan perusahaan mendapatkan pembebasan bea masuk, sehingga mampu menekan cashflow perusahaan dan mendorong peningkatan daya saing perusahaan, investasi, dan ekspor nasional,” ujar Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana dalam keterangannya, Kamis (20/1).

Baca Juga : Cek Kesiapan Ekspor, Bea Cukai Kunjungi Para Pelaku Usaha

Tidak hanya di wilayah Jakarta, Bea Cukai Cirebon juga turut memberikan asistensi kepabeanan kepada PT Han Young Indonesia. Rencananya, perusahaan tersebut akan menggunakan fasilitas kawasan berikat. Seiring dengan kesiapan perusahaan baik administrasi maupun bangunan fisik, Bea Cukai Cirebon akan terus melakukan asistensi fasilitas kawasan berikat kepada PT Han Young Indonesia agar perusahaan tersebut dapat beroperasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu di Semarang, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Tengah DIY fasilitas kawasan berikat kepada PT Java Wood Industri. Pemberian fasilitas ini merupakan wujud pemerintah dalam upaya mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional melalui program peningkatan ekspor, penyerapan tenaga kerja dan investasi.

Fasilitas kepabeanan yang diberikan kepada pengusaha yaitu penangguhan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor,” ungkap Hatta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button