Ekonomi

Ini Langkah Bea Cukai Dukung Produk UMKM ke Pasar Internasional

INDOPOSCO.ID – Menjalankan fungsi dalam memberikan pelayanan dan fasilitas perdagangan serta dalam rangka menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional (PEN), Bea Cukai terus memberikan asistensi dan edukasi kepada pelaku usaha dan UMKM di berbagai daerah.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman, menjelaskan bahwa salah satu tujuan adanya asistensi dan sosialisasi adalah untuk membantu para pelaku usaha agar mampu memperbaiki kualiatas produk sehingga produknya dapat menjangkau pasar internasional.

Melakukan asistensi, Bea Cukai Bekasi mengadakan rangkaian kunjungan ke beberapa pelaku usaha di wilayahnya pada Kamis, (16/12). Kunjungan pertama dilakukan Bea Cukai Bekasi ke salah satu IKM potensial yaitu PT Rijae Industri Boga. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari upaya merealisasikan pengembangan usaha PT Rijae Industri Boga di bidang produk makanan sehingga mampu ekspor.

Selanjutnya, Bea Cukai Bekasi juga mengunjungi IKM potensial lainnya yaitu PT Cleine Sukses Indonesia. PT Cleine Sukses Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi perlengkapan fashion, seperti busana pria dan wanita, tas serta sepatu. Namun saat ini masih ditemukan beberapa kendala sehingga berpengaruh pada persaingan harga produknya.

Baca Juga : Bea Cukai Gencar Bina Pelaku Usaha IKM-UMKM Lirik Pasar Internasional

Terkait kunjungan tersebut Firman mengatakan perlu adanya perhatian tentang hal-hal yang menjadi pedoman dalam persiapan memasuki pasar ekspor. Selain itu Firman menghimbau kepada para pelaku usaha agar memaksimalkan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor untuk industri kecil dan menengah (KITE IKM).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button