Ekonomi

Rencanakan Ekspor Perdana Timika Kenalkan Produk Unggulan ke Kancah Internasional

INDOPOSCO.ID – Kabupaten Mimika merupakan salah satu kabupaten pesisir di Selatan Provinsi Papua yang memiliki potensi sumber daya perikanan yang besar dan cukup menjanjikan. Oleh karena itu bisnis usaha perikanan harus dimanfaatkan semaksimal  mungkin di Mimika.

Terkait itu, PT Bartuh Langgeng Abadi merencanakan ekspor perdana udang Mimika ke Jepang yang tujuannya untuk mengenalkan produk lokal sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk menunjang kualitas produk yang masuk dari nelayan, perusahaan juga memberikan edukasi penanganan produk dari hulu (penangkapan).

“Kami, PT. Bartuh Langgeng Abadi hadir sebagai salah satu perusahan yang bergerak dibidang usaha perikanan dan kelautan dengan memamfaatkan potensi sumberdaya hasil perikanan dan kelautan di Kabupaten Mimika,” ujar Direktur Utama PT Bartuh Langgeng Abadi, Sulaksono, saat rapat bersama stakeholder terkait di Hotel Serayu, Mimika, Rabu (1/12).

Dalam rapat yang dihadiri oleh Bea Cukai Timika, BKIPM Karantina Perikanan Timika, Disperindag Timika, Dinas Perikanan Timika, PT Rahayu dan PT Spil itu Sulaksono memaparkan dengan detail tahap perencanaan ekspor udang perdana ini.

“Rencana ekspor udang ini jumlahnya 11,3 ton, bentuknya frozen. Kami sedang menyiapkan waktunya. Intinya kami menyiapkan planning dari proses frozen food hingga naik ke kontainer ekspor. Di level koordinasi juga sudah kami siapkan agar pada hari-H ini lancar dan tidak terkendala,” jelasnya.

Sebagai badan usaha yang baru merintis usaha di bidang perikanan dan kelautan tentunya memiliki keterbatasan, tetapi atas dukungan dan dorongan dari Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat (Kementerian Kelautan dan Perikanan RI), PT. Bartuh Langgeng Abadi sudah bisa melakukan kegiatan bisnis di bidang perikanan dan kelautan, dengan sarana dan prasarana pendukung yang masih seadanya.

“Sebagai progres kemajuan pemanfaatan potensi hasil laut Mimika dengan memberdayakan dan menumbuhkan ekonomi di masyarakat Mimika pantai, udang menjadi salah satu komoditi hasil tangkapan nelayan lokal kami akomodir dan akan kami ekspor ke Jepang,” ungkap Sulaksono.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button