Ekonomi

Terpikat Keajaiban Visual Kubah Al Wasl Plaza, Terasa Berada di Negeri Dongeng

Ke Expo 2020 Dubai, Melihat Kemegahan Indonesia di Timur Tengah (1)

Catatan Perjalanan Huzeir Zul, Pengurus BPP Hipmi/Ketua Dewan Pembina BPD Hipmi Kepulauan Riau

INDOPOSCO.ID – Matahari baru saja bergegas ke peraduan, atau sekira pukul 18.00 waktu setempat, saat saya tiba di Al Wasl Plaza, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), tempat digelarnya Expo 2020 Dubai.

Ini adalah hari ke-5, atau Kamis, 4 November, 2021, dalam rangkaian kunjungan saya ke Dubai, menyertai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Mardani H Maming, beserta para petinggi Badan Pertimbangan Pusat Hipmi, dan para ketua umum, ketua dewan pembina Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi se-Indonesia.

Sebelumnya, kami terbang ke Dubai dari Jakarta pada Senin dinihari, 1 November, menggunakan pesawat Emirates, dengan waktu tempuh 8 jam 20 menit.

Malam yang kami lalui selama penerbangan, terasa kian panjang. Sebab Dubai berada di posisi bumi bagian Barat, sehingga perbedaan waktu lebih lambat 4 jam dengan waktu Indonesia Bagian Barat.

Akhirnya, kami tiba dengan selamat di Bandar Udara Internasional Dubai, yang menjadi bandara terbesar ke-5 di dunia, pada subuh hari. Selanjutnya, langsung menuju Hotel Milenium Al Barsha untuk beristirahat.

Di hari pertama di Dubai, kami berkunjung ke Jumeirah Beach, pantai pasir putih di distrik Jumeirah, Dubai, yang posisinya menghadap Teluk Persia. Dari sini, wisatawan bisa memandang Burj Al Arab, hotel bintang 7 dengan fasilitas super mewah di Dubai.

Hari ke-2, kami mengunjungi pasar tradisional dengan menyusui sungai di Dubai menggunakan abra (semacam rakit). Pasar tradisional ini cukup ramai dikunjungi wisatawan. Umumnya mereka membeli safron Dubai.

Hari-hari berikutnya, kami lebih banyak melihat sekilas suasana masyarakat di Dubai. Dari guide kami mendengar, bahwa penduduk asli Dubai kurang lebih hanya 11 persen, sisanya pendatang, mayoritas dari india.

Perhatian pemerintah pada penduduk asli Dubai, sangat luar biasa. di antaranya mendapat berbagai prioritas dalam bekerja. Bahkan pengangguran pun digaji oleh pemerintah, sekitar Rp60 juta.

Megahnya Al Wasl Plaza

Setelah hari ke-5, barulah kami berkunjung ke Expo 2020 Dubai. Sebelum ke lokasi, pengunjung terlebih dahulu melewati Al Wasl Plaza. Karena itulah, bangunan keren ini disebut sebagai jantung Expo 2020 Dubai.

Tak heran jika banyak pengunjung yang terkagum-kagum melihat keajaiban visual, serta desain arsitektur yang mencolok. Wajar jika bangunan berbentuk kubah setinggi 67,5 meter dan luas 130 meter ini, menjadi daya tarik tersendiri.

Uniknya lagi, kubah Al Wasl Plaza, berfungsi ganda sebagai bangunan pertunjukan yang permukaannya juga sebagai proyektor laser 360 derajat, sehingga menjadikannya yang terbesar dari jenis bangunan serupa.

Dalam informasi yang saya dapat dari brosur dan media seperti Antara, perlu 800 baja khusus sepanjang 13,6 kilometer untuk membuat kerangka teralis kubah Al Wasl Plaza!

Sebagai “layar” pertunjukan, bangunan ini dilengkapi 252 proyektor laser, untuk memercikkan gambar ke permukaan kubah Al Wasl Plaza. Hebatnya, pertunjukan laser itu dapat dilihat dari dalam maupun luar kubah.

Ketika pengunjung berada di dalam kubah, maka pancaran gambar yang dihasilkan oleh ratusan proyektor tersebut terlihat seakan-akan nyata di udara.