Ekonomi

SPSI Berharap Kenaikan UMP Jateng Capai 10 Persen

INDOPOSCO.ID – Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) berharap kenaikan upah minimum provinsi (UMP) Jawa Tengah bisa mencapai 10 persen agar sesuai dengan kondisi perekonomian saat ini.

“Ya paling realistis adalah kenaikan 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut saya itu paling realistis,” tutur Ketua SPSI Solo Wahyu Rahadi seperti dikutip Antara, Rabu (17/11/2021).

Ia mengatakan usulan tersebut akan disampaikan saat pertemuan dengan Dewan pengupahan. Menurut ia, angka kenaikan tersebut dianggap pantas karena merujuk pada kondisi yang ada.

Bahkan, menurut ia bila dibandingkan dengan 2 provinsi tetangga, yakni Jawa Timur dan Jawa Barat, upah di Jawa Tengah jauh lebih rendah.

“Jawa Tengah ini seperti palung, di Jawa Timur angkanya (rata-rata upah) hampir Rp5 juta, sedangkan di Jawa Barat hampir Rp4 juta. Jawa Tengah ini tidak sampai setengahnya. Kalau lihat Solo batas atasnya Rp3,050 juta. Ya mungkin di angka sekarang ini yang paling realistis naik 10 persen, jadi UMK Solo di angka Rp2,2 juta,” ujarnya.

Baca Juga : Kenaikan UMP Jawa Timur Tertinggi di Indonesia

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button