Ekonomi

Ini Cara Kemenparekraf Bangkitkan Pariwisata Indonesia

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) baru-baru ini meluncurkan berbagai program untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Ini khusus di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia yang mencakup Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur dan Likupang di Sulawesi Utara.

Industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang terkena dampak pandemi paling parah, dengan penurunan sangat besar di sektor pariwisata internasional dan domestik. Bahkan data Kemenparekraf menyebutkan Indonesia mengalami penurunan pendapatan negara di sektor pariwisata hingga Rp20,7 miliar akibat pembatasan kegiatan masyarakat.

“Sejak pandemi melanda, banyak orang yang mengandalkan mata pencahariannya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terpaksa kehilangan pekerjaan. Karena itu, dibutuhkan inovasi, khususnya dalam meningkatkan kreativitas dan kompetensi SDM di sektor pariwisata. Apalagi sektor pariwisata merupakan potensi paling berharga yang perlu kita kembangkan untuk meningkatkan ekonomi lokal,” ujar Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam keterangannya, Rabu (17/11/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button