Ekonomi

Ekonomi Melambat, Rupiah Berpotensi Lemas

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar(kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat berpotensi melemah, tertekan kebingungan melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

Rupiah pagi ini menguat tipis 1 poin atau 0,01 persen ke posisi Rp14.172 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.173 per dolar AS.

“Sentimen negatif kelihatannya masih mendominasi pergerakan harga aset berisko hari ini yang bisa menekan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS,” kata Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra saat dihubungi di Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Indeks saham Asia terlihat bergerak negatif pagi ini. Menurut Ariston, hal tersebut mungkin dipicu oleh laporan penghasilan perusahaan teknologi besar AS seperti Apple dan Amazon yang di bawah ekspektasi pasar.

Penurunan pendapatan perusahaan tersebut disebabkan oleh gangguan suplai material bahan baku yang masih terjadi akibat pandemi.

“Pasar juga masih mengkhawatirkan soal kenaikan harga dan hambatan suplai energi yang bisa mendorong pelambatan pertumbuhan ekonomi global,” ujar Ariston dikutip Antara.

Tidak hanya itu, lanjut Ariston, pasar juga menantikan keputusan kebijakan moneter AS terkait tapering minggu depan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button