Ekonomi

Indonesia Optimistis Memasuki Masyarakat 5.0

INDOPOSCO.ID – Indonesia optimistis bisa memasuki masyarakat atau “Society” 5.0 seperti yang dialami Jepang saat ini, kata mantan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.

“Ada lebih dari 1.800 start up (bisnis baru) yang kita punya, beberapa di antaranya menjadi unicorn dan decacorn. Kita juga punya enterpreneur baru. Itu sebuah kesempatan,” kata Bambang yang menjadi “keynote speaker” pada acara Jakarta Geopolitical Forum V/2021 yang diselenggarakan Lemhannas secara daring, di Jakarta, Kamis (21/10).

Society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0.

Baca Juga : Ini Tips Merawat Startup hingga Jadi Unicorn

Menurut Komisaris Utama PT Telkom ini, saat ini Jepang merupakan negara pertama yang memasuki masyarakat 5.0. Sementara Indonesia saat ini baru memasuki masyarakat 4.0.

Bambang menilai Indonesia memiliki kesempatan menjadi masyarakat 5.0 karena mempunyai tiga sektor potensial yakni agrikultur, manufaktur dan ICT (information, communication and technologi).

Kendati demikian, lanjut dia, Indonesia juga memiliki tantangan lain yakni populasi yang besar, SDM, digital infrastructure, human resource, integrated data base (penta helix).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button