Ekonomi

Ini Tips Merawat Startup hingga Jadi Unicorn

INDOPOSCO.ID – Startup menjadi salah satu usaha yang berkembang pesat dalam beberapa waktu terakhir dan menjadi semakin pesat lagi di masa pandemi yang mengandalkan setiap aktivitas di ruang digital.

Founder sekaligus COO dari startup Xendit yaitu Tessa Wijaya yang kini fokus pada usaha payment gateway membagikan beberapa tipsnya bagi para pemula yang akan merintis startup agar bisa mencapai predikat unicorn.

Hal pertama yang harus dimiliki adalah berani melangkah baik anda sebagai perempuan atau pun laki-laki dan menganggap kedudukan anda setara.

“Bahwa ada anggapan bidang matematika, science, tech itu didominasi laki-laki. Janganlah wanita takut. Kita itu semua sama. Jadi jalanin dulu saja, jangan takut. Kalau tidak berani maju bagaimana bisa membuat hasil yang bagus?,” kata Tessa dalam konferensi pers virtual Gerakan Nasional “Ignition 1000 Startup Digital”, Sabtu.

Selanjutnya sebagai pemula yang merintis usaha startup anda harus bisa memiliki ketahanan dan kemampuan beradaptasi yang baik.

Saat anda mengalami kegagalan, sebagai perintis usaha startup digital anda harus menjadikan kegagalan itu sebagai pembelajaran.

Anggapan kegagalan adalah akhir tidak lagi berlaku, Tessa menceritakan butuh pivot hingga lebih dari dua kali untuk akhirnya jenis layanan yang ia kembangkan bisa berhasil dan mencetak perusahaannya Xendit menjadi unicorn seperti saat ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button