Ekonomi

BPK Berkomitmen Jaga Transparansi dan Akuntabilitas Program PEN

INDOPOSCO.ID – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berkomitmen untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dalam rangka penanganan dampak Covid-19.

“Sebagai bentuk peran BPK untuk mengawal transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan PC PEN, BPK telah menerapkan berbagai pemeriksaan,” kata Anggota II BPK Pius Lustrilanang dalam Seminar Sinergi Pengawasan Nasional Program PC PEN di Jakarta, Kamis (21/10/2021), seperti dikutip Antara.

Pius mengatakan salah satu upaya BPK diwujudkan melalui kebijakan pemeriksaan dengan mengidentifikasi kriteria pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dalam kondisi pandemi Covid-19.

BPK juga mengidentifikasi risiko, memitigasi risiko tersebut serta mengembangkan prosedur alternatif pemeriksaan.

Identifikasi dan mitigasi risiko ini meliputi risiko strategis yaitu tidak tercapainya tujuan kebijakan penanganan pandemi baik masa pandemi maupun pascapandemi serta pengawasan yang belum sepenuhnya optimal.

Kemudian risiko operasional yaitu ketidakselarasan regulasi, ketidaksiapan program baik regulasi, validasi maupun keandalan data serta kurangnya koordinasi antar entitas pemerintah sekaligus ketidaktepatan sasaran program.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button