Ekonomi

Sandiaga Sambangi Desa Wisata, Pakuwojo: Harus Keluar Zona Merah Endemi Malaria

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, menurut Sandiaga, Desa Pandanrejo memiliki potensi yang tinggi. Sehingga harus dapat dimaksimalkan dengan memperkuat konten promosi desa.

“Akan lebih banyak wisatawan yang datang dan berkunjung dan menggerakkan ekonomi serta membuka lapangan kerja,” kata Sandiaga dalam keterangan, Rabu (13/10/2021).

Salah satu potensi yang dapat dipromosikan Desa Pandanrejo adalah pengembangan kambing etawa khas Kaligesing yang sudah terkenal sejak masa kolonial Belanda tahun 1920. Selain itu kesenian tari Incling Wedus yang menjadi daya tarik desa Pandanrejo sejak tahun 1930-an.

Desa wisata Pandanrejo juga memiliki deretan potensi wisata lainnya. Daya tarik alam misalnya, terdapat Gunung Gajah dimana wisatawan dapat menikmati keindahan lima gunung di Pulau Jawa yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Slamet melalui gardu pandang.

Bupati Purworejo Agus Bastian mengatakan, terpilihnya Desa Wisata Pandanrejo dalam jajaran 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2021 bisa menginspirasi desa-desa lain untuk juga menghadirkan desa wisata terbaik kepada para wisatawan.

“Kehadiran Pak Menteri Sandiaga memberikan semangat kepada masyarakat, bahwa kita ingin meningkatkan destinasi-destinasi wisata dan produk unggulan kreatif,” ujarnya.

Di tempat yang sama. Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo (Pakuwojo) Zainal Arifin didampingi Kepala Desa Pandanrejo Supandi yang juga mantan Ketua DPD Pakuwojo Purworejo mengaku mendukung program desa wisata. Sebab, program tersebut sangat positif untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang belum digali.

“Ini sangat baik untuk membuka lapangan kerja di perdesaan dan perputaran perekonomian di desa wisata,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button