Ekonomi

MES Diharapkan Jadi Penggerak yang Inovatif

INDOPOSCO.ID – Kopdar Gen-Sy yang digawangi Pengurus Pusat (PP) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) telah melewati 52 kota di Tanah Air. Ketua Komite Pemuda PP MES, Arief Rosyid Hasan berharap agar MES di berbagai daerah dapat menjadi penggerak yang inovatif, yakni dengan menghubungkan berbagai stakeholder ekonomi syariah dari berbagai profesi dan area pengabdian.

“Alhamdulillah, sudah separuh jalan dari target 100 kota/kabupaten yang akan kita kunjungi. Kami terus mencoba menghubungkan berbagai stakeholder MES untuk menjadi penggerak yang konkret menuju kebangkitan ekonomi umat,” ujar Arief kepada media melalui keterangan tertulis, Selasa (14/9/2021).

Perjalanan dimulai sejak Juni 2021 dari Banda Aceh, direncanakan berakhir di Papua pada Oktober 2021. Terakhir, rombongan menempuh jalur darat dimulai dari Jakarta ke Kabupaten Cirebon hingga Semarang. Di Kabupaten Cirebon, rombongan disambut Wakil Bupati Hj. Wahyu Tjiptaningsih.

Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih mengatakan, pemerintah daerah akan bekerja sama dengan pengusaha lokal untuk mengembangkan ekonomi syariah di Kabupaten Cirebon.

“Harus diakui, selama ini belum banyak kolaborasi antara platform seperti industri retail seperti Alfamart, Indomaret atau Gojek, dengan pengusaha lokal. Kami mendorong agar produk lokal bisa masuk minimarket atau go-digital melalui platform e-commerce,” kata dia.

Sementara, Wakil Ketua Komite Ekspor Halal PP MES, selaku koordinator perjalanan, Phirman Rezha menyatakan, perjalanan ini digelar untuk menggalang literasi ekonomi syariah dan menyerap aspirasi kebangkitan ekonomi umat di berbagai daerah. Pada perjalanan ini, rombongan juga berkunjung ke pesantren KHAS Kempek pimpinan ulama besar KH. Mustafa Aqiel Siradj.

Ketua Komite Pemuda Pengurus Pusat (PP) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Arief Rosyid Hasan (kelima kiri) dan rombongan foto bersama Bupati Batang, Wihaji (kelima kanan) di sela acara Kopdar Gen-Sy. Foto: Ist

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button