Ekonomi

Perempuan Dominasi Sektor Ekonomi Kreatif di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan kaum perempuan mendominasi ekonomi kreatif di Indonesia sehingga pihaknya juga mendorong semakin banyak perempuan menjadi pengusaha UMKM sektor tersebut.

“Perempuan mendominasi ekonomi kreatif di Indonesia yaitu mencapai 56 persen. Saya optimistis perempuan akan menjadi game changer yang mendorong ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Sandiaga Uno dalam webinar dengan tema Menumbuhkan Ekonomi Kreatif untuk UMKM Indonesia yang digelar, Kamis (12/8), dikutip dari Antara.

Ia mengemukakan, perekonomian Indonesia khususnya ekonomi kreatif sudah masuk peringkat tiga besar dunia dari persentase terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Indonesia berada di bawah Amerika Serikat dengan industry Hollywood dan Korea dengan K-Pop.

Dalam keterangan tertulisnya, Sandiaga Uno mengatakan, Indonesia di posisi tiga dengan angka Rp 1.000 triliun ekspansinya terhadap PDB. Fokus ekonomi kreatif Indonesia ada di tiga subsektor yaitu kuliner, fesyen dan griya.

Pembicara lainnya, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM, Eddy Satria juga menjelaskan bahwa salah satu upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian melalui kementeriannya adalah dengan menghadirkan program yang tepat sasaran dan efektif untuk para pelaku UMKM.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button