Ekonomi

IHSG Awal Pekan Ditutup Menguat Seiring Naiknya Bursa Saham Kawasan

INDOPOSCO.ID – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal pekan ditutup menguat seiring meningkatnya mayoritas bursa saham kawasan Asia.

IHSG ditutup menguat 26,5 poin atau 0,44 persen ke posisi 6.096,54. Sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 7,11 poin atau 0,86 persen ke posisi 830,15.

“Mayoritas indeks saham di Asia sore ini ditutup naik, didorong oleh optimisme atas pemulihan ekonomi global setelah data minggu lalu menampilkan pemulihan ekonomi di Eropa lebih solid dari estimasi, sebaliknya ekonomi AS sudah kembali ke level sebelum pandemi dengan belanja pribadi mencatatkan kenaikan selama bulan Juni. Sebuah indikasi baik untuk data Non-Farm Payrolls (NFP) yang akan dirilis hari Jumat nanti,” catat Tim Riset Philip Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Senin (2/8), dilansir Antara.

Sentimen positif juga datang dari prospek peluncuran stimulus fiskal di AS setelah Senat AS kemungkinan besar minggu ini akan meloloskan RUU Belanja Infrastruktur senilai 1 triliun dolar AS yang diusulkan oleh Presiden Joe Biden. Sebelumnya, Biden sudah berhasil meloloskan paket stimulus senilai 1,9 triliun dolar AS pada awal tahun ini.

Presiden Biden sedang berencana meloloskan usulan paket stimulus senilai 3,5 triliun dolar AS yang akan meliputi belanja untuk sektor pelayanan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial, serta perubahan iklim.

Laju kenaikan indeks dibatasi oleh kekhawatiran atas gelombang penularan versi Delta Covid-19 setelah aktivitas sektor manufaktur di beberapa negara Asia mengalami tekanan. Informasi Manufacturing PMI di negeri raksasa ekspor semacam Jepang serta Korea Selatan mencatatkan perluasan, tetapi data manufacturing PMI di Indonesia, Vietnam, serta Malaysia bergerak turun akibat pemberlakuan kebijakan pembatasan sosial yang lebih ketat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button