Ekonomi

Investor Asing Akan Bangun Pabrik Bata Plastik di Lombok Barat

INDOPOSCO.ID – Perusahaan BlockSolutions asal Finlandia bersama Circular Economy Investor yang bergerak dalam investasi lingkungan dan perusahaan lokal daerah serta BUMD Nusa Tenggara Barat (NTB) berencana membangun pabrik bata plastik (ecobrick) di Lombok Barat.

“Rencana membangun pabrik bata plastik (ecobrick) pertama di Asia misinya untuk penyelamatan lingkungan, bukan sekadar investasi bisnis,” kata Wakil Gubernur NTB Siti Rohmi Djalillah seperti dikutip Antara, Rabu (19/5/2021).

Ia mengatakan investasi proyek ini mencapai 2,5 juta dolar AS dan sudah mendapatkan izin penggunaan lahan di area STIPark Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat seluas 20 hektare.

Selain menjadi yang pertama di Asia dalam teknologi produksi bata plastik, kata dia, juga berdampak pada pengurangan sampah plastik yang signifikan karena menggunakan bahan baku plastik dari plastik sachet, botol, dan lainnya.

“Yang penting tidak menggunakan plastik yang mengandung racun sesuai ketentuan lingkungan dan tidak menggunakan sampah plastik yang sudah bernilai ekonomis seperti botol plastik dan plastik daur ulang,” ujarnya.

Selain sebagai material bangunan ramah lingkungan dan tahan lama yang telah banyak digunakan di beberapa negara, bata plastik ini dapat mendukung program sosial seperti rumah layak huni dan renovasi fasilitas publik lainnya karena lebih ekonomis.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button