Ekonomi

Tiga Pelajaran untuk Penjualan Langsung di Masa Pandemi

INDOPOSCO.ID – Selama satu tahun kita telah dilanda oleh krisis dan ketidakpastian, bisnis di seluruh dunia berada di persimpangan jalan. Dampak lanjutan Covid-19 terbukti di sejumlah industri, dimana penjualan langsung, yang mempunyai reputasi sebagian besar tahan resesi tidak sepenuhnya terhindar. Yang membuatnya istimewa adalah karena secara tradisional merupakan model bisnis masa depan.

Inti dari penjualan langsung adalah membangun nilai melalui hubungan individual. Ini dipengaruhi oleh arahan yang berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan publik. Mengingat karantina wilayah dan pembatasan pergerakan yang diberlakukan di sebagian besar negara dan jarak sosial menjadi norma baru, pertemuan tatap muka, acara, dan program pelatihan — yang merupakan sumber kehidupan bisnis penjualan langsung — terhenti secara drastis.

Terlepas dari tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, industri penjualan langsung kembali membuktikan kemampuan beradaptasi dengan cepat dan kemampuannya yang hebat untuk berkembang dalam kondisi sulit. Penjualan langsung dengan tenaga kerja yang terdistribusi secara historis telah terbukti sangat kuat selama pandemi karena perusahaan telah beralih ke solusi online untuk mendukung komunitas distributor mereka dan membantu mereka meningkatkan pendapatan.

“Asosiasi Penjualan Langsung AS melakukan survei terhadap anggotanya untuk menilai dampak Covid-19 pada bisnis mereka. Temuan tersebut menunjukkan pandangan yang sebagian besar optimistis, dengan lebih dari 60% responden menyatakan dampak positif terhadap perusahaan mereka. Tren ini kemungkinan akan bertahan tahun ini, berkat berbagai perubahan yang telah diterapkan oleh para pemangku kepentingan industri untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang,” ujar CEO QNET Malou Caluza.

Malou menambahkan bahwa setelah mengamati dan belajar dari mereka yang telah mengatasi tantangan ini akan menjadi dasar yang bagus untuk penjualan langsung di masa depan yang bebas pandemi.

Direktur Eksekutif QNET ini, membagikan pengetahuannya tentang tiga pelajaran berharga yang telah dia pelajari dari tantangan tahun lalu.

1. Tidak dapat menghindar dari digitalisasi.

Panggilan video, pembayaran nirsentuh, belajar online, dan belanja online sekarang menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Perubahan yang dipercepat selama ini telah menjadi fondasi bagi masyarakat digital sepenuhnya. Bisnis penjualan langsung selalu memiliki kombinasi sistem dukungan online dan offline untuk jaringan mereka, tetapi dalam setahun terakhir ini, 100% online adalah satu-satunya pilihan. Mereka yang membuat perubahan dan menyalurkan perubahan dengan cara yang positif untuk mendidik distributor mereka dan menyediakan alat untuk membantu mereka membangun bisnis online, dengan sukses!

Ketika kami harus mengubah konvensi distributor tahunan kami menjadi acara virtual sepenuhnya, kami melakukan pendekatan dengan sedikit keraguan. Acara yang biasanya berlangsung selama lima hari di tempat fisik dan melibatkan sekitar 15.000 peserta kini harus online dan memberikan pengalaman mendalam yang sama seperti sebelumnya kepada orang-orang. Tanggapannya mengejutkan kami. Lebih dari 200.000 peserta masuk ke acara virtual 3 hari dari sekitar 50 negara. Dengan mengadakannya secara virtual, untuk pertama kalinya, kami berhasil menembus kelompok orang yang jauh lebih luas dan jauh lebih beragam daripada sebelumnya.

Bukan hanya acara dan pelatihan yang mendapatkan manfaat dari pendekatan online yang mempertemukan kelompok-kelompok yang sebelumnya tidak saling terhubung. Transformasi digital dari program orientasi, materi pendukung bisnis, dan peningkatan ketersediaan konten digital sesuai permintaan untuk memungkinkan pembangunan bisnis, juga merupakan pendekatan yang sangat hemat biaya bagi perusahaan untuk memberikan dukungan dan sistem ke jaringan mereka.

Perusahaan yang telah berinvestasi dalam mengembangkan dan meningkatkan pengalaman pelanggan online untuk distributor mereka melalui platform e-commerce dan dasbor virtual akan menuai hasilnya dalam jangka panjang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button