• Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
indoposco.id
No Result
Lihat Semua
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

Konektivitas Terganggu Akibat Bencana, Telkom Akses Lakukan Recovery Masif di 3 Provinsi

Ali Rachman Editor Ali Rachman
Selasa, 9 Desember 2025 - 22:08
in Ekonomi
Tim Telkom Akses yang melakukan pemulihan jaringan di wilayah yang terdampak banjir dan tanah longsor di Sumatera. Foto: Dokumen Telkom

Tim Telkom Akses yang melakukan pemulihan jaringan di wilayah yang terdampak banjir dan tanah longsor di Sumatera. Foto: Dokumen Telkom

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Sejumlah wilayah di Sumatera dilanda banjir dan longsor pada akhir November 2025, menyebabkan gangguan pada infrastruktur jaringan telekomunikasi di beberapa titik. Menyikapi kondisi tersebut, PT Telkom Akses (Telkom Akses) yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bergerak cepat melakukan pemulihan jaringan di wilayah terdampak, mulai dari Sumatera Barat, Sumatera Utara hingga Aceh.

Direktur Operation Telkom Akses, Ambari menyampaikan bahwa bencana kali ini berdampak cukup masif terhadap perangkat jaringan maupun pasokan listrik pendukung operasional.

BacaJuga:

Patrick Walujo Serahkan Tongkat Estafet CEO GoTo ke Hans Patuwo

Lebih Dari Dua Dekade Melantai di Bursa Efek Indonesia, Harga Saham BBRI Telah Naik 48 Kali

Perkuat Posisi BRI Lakukan Corporate Rebranding Secara Menyeluruh sebagai Pilar Transformasi

“Dampak utamanya bukan hanya perangkat yang terendam, tetapi juga pemadaman listrik yang menyebabkan perangkat aktif kami tidak bisa beroperasi. Beberapa jalur kabel backbone, feeder hingga distribusi juga terputus akibat arus banjir atau tertimpa longsor,” pungkas Ambari dalam keterangannya, Selasa (9/12/2025).

Berdasarkan pantauan tim Telkom Akses, kerusakan terbanyak terjadi pada perangkat Mini OLT, Node-B, dan ONT pelanggan. Total 62.547 perangkat ONT pelanggan sempat offline sejak 25 November 2025, didominasi wilayah Aceh yang terdampak pemadaman listrik luas, dengan 2.073 perangkat sudah kembali online. Sementara inventarisasi kerusakan fisik masih berlangsung di lapangan.

Gangguan paling signifikan terpantau di wilayah Kualasimpang, Langsa, Takengon, dan Sibolga yang menjadi prioritas penanganan karena skala dampak dan akses yang terbatas. Pemulihan jaringan dilakukan secara paralel oleh tim Maintenance & Assurance bersama tim support logistik dan HCM.

Untuk saat ini, tim masih melakukan inventarisasi detail kerusakan, perbaikan sementara (temporary fix) pada titik yang aman, dan pengoperasian kembali perangkat kritis dengan genset portable di wilayah yang listriknya belum pulih.

Untuk mendukung percepatan pemulihan, Telkom Akses mengerahkan total 320 personel dari berbagai wilayah terdampak. Personel tersebut dengan sebaran Aceh 58 personel, Medan 129 personel, Sumatera Barat 69 personel, dan Sumatera Utara 64 personel yang terdiri dari teknisi lapangan, pengawas, dan tim logistik.

Selain itu, 34 personel tambahan dikerahkan dari wilayah yang tidak terdampak seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Kalimantan, hingga Sumatera Selatan untuk memperkuat percepatan pemulihan.

“Dalam situasi bencana, konektivitas adalah kebutuhan vital bagi masyarakat dan pemerintah. Karena itu seluruh tim kami bekerja maksimal, memastikan layanan bisa kembali normal secepat mungkin,” tutup Ambari.

Telkom Akses menegaskan komitmennya untuk memulihkan seluruh jaringan yang terdampak secara bertahap hingga layanan normal kembali dirasakan masyarakat sebagai bentuk kontribusi dan inisiatif nyata dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia. (srv)

Tags: bencanaLayanan KonektivitasPT Telkom AksesPT Telkom Indonesiatelkom
Berita Sebelumnya

Teknologi Masuk Desa: SnackVideo Hadirkan Terobosan Pertanian bagi Warga Ngawi

Berita Berikutnya

Kemenpar Apresiasi Kolaborasi Mitra Industri pada Wonderful Indonesia Award 2025

Berita Terkait.

IMG-20251217-WA00111
Ekonomi

Patrick Walujo Serahkan Tongkat Estafet CEO GoTo ke Hans Patuwo

Rabu, 17 Desember 2025 - 20:43
bri1
Ekonomi

Lebih Dari Dua Dekade Melantai di Bursa Efek Indonesia, Harga Saham BBRI Telah Naik 48 Kali

Rabu, 17 Desember 2025 - 20:20
bri
Ekonomi

Perkuat Posisi BRI Lakukan Corporate Rebranding Secara Menyeluruh sebagai Pilar Transformasi

Rabu, 17 Desember 2025 - 19:54
WhatsApp Image 2025-12-17 at 19.07.10
Ekonomi

Percepat Pemulihan Bencana Sumatra, BRI Terus Salurkan Bantuan di Lebih Dari 40 Lokasi

Rabu, 17 Desember 2025 - 19:47
PTBA
Ekonomi

Efisiensi, Tata Kelola, dan Akselerasi 3 Kunci Strategi Baru PTBA

Rabu, 17 Desember 2025 - 19:32
WhatsApp Image 2025-12-17 at 19.11.04
Ekonomi

Upstream Force 2025: PHE Dorong Peran Mahasiswa Jaga Ketahanan Energi Nasional

Rabu, 17 Desember 2025 - 19:26
Berita Berikutnya
WhatsApp Image 2025-12-09 at 20.06.577

Kemenpar Apresiasi Kolaborasi Mitra Industri pada Wonderful Indonesia Award 2025

  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.