INDOPOSCO.ID – Indonesia kembali menghadirkan gebrakan di panggung olahraga Asia Tenggara. Menjelang SEA Games 2025 di Thailand, koleksi jersey terbaru Tim Indonesia resmi diperkenalkan melalui kolaborasi segar antara Sarinah dan Didit Hediprasetyo Foundation yang bertindak sebagai kurator desain. Peluncuran ini turut mendapat dukungan dari PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan.
Koleksi ini tidak sekadar memperkenalkan seragam bertanding, tetapi juga membawa narasi budaya yang kuat. Didit Hediprasetyo Foundation meramu pendekatan artistik yang mengedepankan keaslian tradisi Nusantara, lalu Sarinah menerjemahkannya menjadi visual modern yang tetap setia pada karakter Indonesia.
Motif ukir terinspirasi kriya Toraja menjadi pusat perhatian, tajam namun elegan, disusun dalam pola dinamis yang memberi kesan progresif. Sementara itu, sapuan spontan merah-putih karya seniman Jogja Iabadiou Piko menambahkan energi liar yang terkontrol, menciptakan harmoni antara tradisi dan ekspresi kontemporer.
Dalam sambutannya, sang kurator, Didit Hediprasetyo, menegaskan bahwa jersey ini membawa misi yang lebih dalam daripada sekadar tampilan atlet.
“Jersey ini terinspirasi oleh keaslian tradisi kita yang berpadu dengan keindahan ragam alam Indonesia,” ujar Didit di Terminal 1C Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (1/12/2025).
Semangat tersebut kemudian diwujudkan dalam tema Spirit of The Nation, yang menggambarkan tekad dan kebanggaan atlet Indonesia. Warna merah dan putih tampil berani sebagai identitas bangsa, diperkuat dengan palet hijau yang melambangkan kesuburan alam tropis. Mills dipercaya untuk memproduksi desain akhir agar memenuhi standar performa atlet di medan pertandingan.
Direktur Utama PT Sarinah, Raisha Syarfuan, melihat kolaborasi ini sebagai langkah selaras dengan visi perusahaan sebagai pusat pengalaman budaya Indonesia.
“Sarinah bangga dapat berkolaborasi dengan Didit Hediprasetyo Foundation untuk menghadirkan desain yang tidak hanya fungsional bagi atlet, tetapi juga menyampaikan narasi visual tentang kebanggaan dan kekuatan karakter bangsa,” tutur Raisha.
Dari perspektif olahraga, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menilai kehadiran jersey ini sebagai simbol identitas nasional.
“Jersey ini bukan hanya seragam bertanding, tetapi pernyataan tentang siapa kita sebagai bangsa. Kolaborasi ini menunjukkan bagaimana olahraga dapat menjadi jembatan bagi budaya Indonesia untuk tampil di kancah internasional,” ungkap Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.
Peluncuran yang digelar di Terminal 1C Soekarno-Hatta terasa semakin istimewa. Terminal yang baru direvitalisasi ini menampilkan wajah baru yang modern, nyaman, namun tetap autentik dengan sentuhan desain Indonesia. Suasana tersebut sejalan dengan pesan budaya yang diusung oleh koleksi jersey.
Menanggapi terpilihnya Terminal 1C sebagai lokasi peluncuran, Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia, Mohammad R. Pahlevi, turut menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung kebanggaan nasional.
“Kami merasa terhormat dan bangga Terminal 1C menjadi lokasi peluncuran jersey Tim Indonesia untuk Sea Games 2025. Terminal 1C yang baru saja direvitalisasi dan menghadirkan wajah baru yang jauh lebih baik ini, kami dedikasikan untuk menghadirkan journey experience terbaik sekaligus mendukung kegiatan yang membawa kebanggaan Bangsa Indonesia,” kata Pahlevi.
Setelah dioperasikan penuh sejak November 2025, Terminal 1C kini hadir dengan tata ruang lebih estetis, area hijau yang lega, elemen budaya yang dipertahankan, serta teknologi modern yang meningkatkan kapasitas Bandara Soekarno-Hatta hingga 96 juta penumpang per tahun.
Untuk publik, jersey Tim Indonesia akan tersedia eksklusif di Sarinah menjelang keberangkatan kontingen. Sebagian hasil penjualan akan disumbangkan untuk penanggulangan bencana di Sumatera. Sementara itu, rangkaian non-sports apparel yang dikembangkan dari konsep yang sama akan dijual secara made-to-order melalui Didit Hediprasetyo Foundation dan seluruh keuntungannya didedikasikan untuk aksi kemanusiaan di Sumatera.
Lebih dari sekadar peluncuran busana olahraga, kolaborasi ini menegaskan kekuatan sinergi antara seni, budaya, fashion, dan dunia olahraga dalam memperkuat posisi kreativitas Indonesia di mata kawasan dan dunia. (her)









