• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
indoposco.id
No Result
Lihat Semua
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

Ini Kontribusi Industri Franchise Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Folber Siallagan Editor Folber Siallagan
Sabtu, 30 Agustus 2025 - 15:45
in Ekonomi
ifra
Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Meskipun pertumbuhan ekonomi nasional belum menunjukan angka yang menggembirakan, namun penyokong yang membantu mendorong kewirausahaaan Indonesia terus bergeliat di tengah kondisi ekonomi yang penuh tantangan saat ini.

Salah satu pendorong utama pengembangan kewirausahaan adalah sektor usaha waralaba atau franchise.

BacaJuga:

Edukasi Mitigasi Bencana, Dompet Dhuafa Kepri Gelar Pelatihan

BTN Perkuat Permodalan Untuk Jaga CAR Kisaran 18 Persen Usai Lepas UUS

PT Indointernet Tbk dan PT Ekagrata Data Gemilang Tanam Mangrove dan Terumbu Karang di Tidung Kecil

Sektor usaha franchise berperan penting mendorong pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya ke berbagai daerah lewat skema franchise. Sektor usaha ini kedepan akan menjadi salah satu pendorong utama yang menggerakan dunia kewirausahaan.

Hal itu diakui Septo Supriyatno selaku Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya pada acara pers conference IFRA Business Expo 2025 beberapa waktu lalu. Menurutnya, waralaba bisa menjadi salah satu pendorong utama pengembangan kewirausahaan karena menawarkan model bisnis yang siap pakai dan terstandardisasi.

Lebih lanjut, Septo mengatakan Kementerian Perdagangan berkomitmen penuh dalam mendukung pengembang kewirausahaan nasional.

“Termasuk waralaba. Kementerian Perdagangan mendukung bisnis waralaba ini dengan memberikan pendampingan dan mengajak pelaku usaha kemitraan atau waralaba untuk berpartisipasi dalam pameran franchise,” ujarnya.

Septo mengatakan, pertumbuhan ekonomi berdasarkan data Kemendag yang menunjukkan adanya pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,12% (YoY), dengan konsumsi rumah tangga sebagai penyumbang utama sebesar 54,25%, yang menunjukkan ketangguhan perekonomian Indonesia di tengah tantangan global.

Ketangguhan perekonomian Indonesia tentu saja tidak lepas dari kontribusi usaha UMKM yang di dalamnya terdapat ekosistem waralaba.

Dalam hal ini, Anang Sukandar, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia terus berkomitmen AFI mendorong pertumbuhan ekosistem waralaba demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Sebagai salah satu pilar yang mendukung pertumbuhan tersebut, praktik waralaba harus dijalankan dengan beretika, berstandar, efektif, dan efisien,” ujarnya.

“Selain itu, praktik ini juga harus dijalankan dengan ilmu manajemen yang mumpuni, baik dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian,” sambungnya.

Anang menambahkan, dukungan dari pemerintah juga tidak kalah penting.

“Kita harus belajar dari pemerintah negara-negara tetangga yang telah sukses menjadikan industri waralaba sebagai salah satu penyokong pertumbuhan ekonomi negaranya melalui dukungan langsung ke para pelaku industri,” jelasnya.

Dukung Pertumbuhan Frachise dengan Awarding
Kontribusi industri franchise dalam menggerakkan kewirausahaan di Indonesia sangat penting, bahkan berperan menjadi pendorong utama pengembangan kewirausahaan.

Untuk itu, Majalahfranchise.Com bersama Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), terus berupaya mendukung pertumbuhan industri franchise lewat berbagai event.

“Selain edukasi dan pameran, kami juga mendukung pertumbuhan industri franchise dengan memberikan penghargaan kepada merek-merek franchise yang mampu bersaing di tengah kondisi pasar yang penuh tantangan saat ini. Mereka yang mampu tampil menjadi market leader dan mereka kreatif memasarkan bisnisnya kita berikan apresiasi,” ujar Rofian Akbar, pemimpin Majalahfranchise.Com.

Mereka yang berhasil mengembangkan dan menjaga pertumbuhan bisnisnya sehingga mendominasi pasar di kategori bisnisnya kami berikan penghargaan sebagai Market Leader Awards 2025.

“Dalam hal ini, merek-merek franchise dan business opportunity yang berhasil menguasai pasar dengan strategi branding, strategi produk maupun strategi pengembangan system franchise,” jelasnya.

Sementara, lanjut Rofian, merek-merek franchise dan busines opportunity yang mampu tampil baik menerapkan strategi pemasaran menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompetitif kami anugerahkan penghargaan Indonesia Franchise Marketing Awards 2025.

Merek-merek tersebut sepanjang 2025 ini, melalui desk research yang kami collect dari berbagai sumber, berhasil mengembangkan konsep pemasaran yang terintegrasi, kreatif, dan tepat sasaran di era konsumen yang semakin smart dan kritis.

Mereka berhasil menerapkan konsep pemasaran yang terintegrasi dengan memadukan berbagai saluran media yang ada, mulai dari Social Media Activity, Public Relation Activity, Exhibition Activity, Digital Campaign dan Personal Branding.

“Di era seperti sekarang, kelima saluran tersebut adalah Marketing Tools yang harus di jalankan secara terpadu, konsisten dan kreatif agar powerfull dan tepat sasaran,” jelas Rofian.

Ditambahlan Rofian, beberapa perusahaan franchise saat ini sudah mulai banyak yang menerapkan konsep Integrated Marketing Concept (IMC). Tentu saja ini sangat bagus dan patut diapresiasi.

Hanya saja konsep IMC yang dijalankan masih perlu dikelolasecara profesional dan lebih kreatif.

Karena kunci efektivitas IMC adalah adanya sinergi antar berbagai pesan pemasaran, dengan tujuan akhir adalah untuk menghasilkan pendapatan,meningkatkan pangsa pasar, membangun brand awareness serta tertarik dengan apa yang ditawarkan dan akhirnya membeli produk atau jasa yang dijual. (ibs)

Tags: Industri FranchisePertumbuhan Ekonomi Nasional
Berita Sebelumnya

Ahli Waris Affan Kurniawan Terima JKK Rp70 Juta, BPJS Watch: Momentum Aplikator Daftarkan Driver Ojol

Berita Berikutnya

Pascademo, Layanan MRT Berfungsi Kembali Namun Stasiun Ini Dilewati

Berita Terkait.

WhatsApp Image 2025-11-18 at 18.51.45
Ekonomi

Edukasi Mitigasi Bencana, Dompet Dhuafa Kepri Gelar Pelatihan

Selasa, 18 November 2025 - 19:01
IMG_2516
Ekonomi

BTN Perkuat Permodalan Untuk Jaga CAR Kisaran 18 Persen Usai Lepas UUS

Selasa, 18 November 2025 - 18:45
IMG-20251118-WA0011
Ekonomi

PT Indointernet Tbk dan PT Ekagrata Data Gemilang Tanam Mangrove dan Terumbu Karang di Tidung Kecil

Selasa, 18 November 2025 - 18:40
bandara
Ekonomi

4 Maskapai Rute Domestik Mulai Dialihkan ke Terminal 1B Soetta, Ini Daftarnya

Selasa, 18 November 2025 - 13:13
man
Ekonomi

Di Depan Komisi VII, Menteri Maman Sebut UMKM Bebas Limit Pengajuan KUR Mulai 2026

Selasa, 18 November 2025 - 12:12
pgn
Ekonomi

Dukung UMKM Naik Kelas, PGN Hadirkan 9 Pelaku Usaha Binaan di Surabaya Fashion Parade 2025

Selasa, 18 November 2025 - 11:01
Berita Berikutnya
tono

Pascademo, Layanan MRT Berfungsi Kembali Namun Stasiun Ini Dilewati

BERITA POPULER

  • Survei: 76,2 Persen Masyarakat Percaya terhadap Polri

    Survei: 76,2 Persen Masyarakat Percaya terhadap Polri

    4062 shares
    Share 1625 Tweet 1016
  • Terpuruk di Liga, Persis Solo Diam-Diam Siapkan Sesuatu yang Mengejutkan

    933 shares
    Share 373 Tweet 233
  • Antusiasme Melonjak, JAECOO Serahkan Unit Perdana SUV Listrik J5 EV ke Konsumen di Seluruh Indonesia

    2779 shares
    Share 1112 Tweet 695
  • BPN Kabupaten Lebak Berhasil Lampaui Target Penyelesaian PTSL 2025

    792 shares
    Share 317 Tweet 198
  • Main Game Lebih Praktis dan Mudah: Begini Cara Manfaatkan Gemini AI di Galaxy Z Fold7

    753 shares
    Share 301 Tweet 188
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.