• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
indoposco.id
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

Ongkir Produk Mahal, Terobosan Jasa Ekspedisi Sangat Diperlukan

Redaksi by Redaksi
Jumat, 25 Februari 2022 - 11:03
in Ekonomi
umkm

Webinar bertema Fulfillment Center Bantu Efisienkan Ongkir Pelaku UMKM, Kamis (24/2/2022).

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Pertumbuhan transaksi e-commerce akhir-akhir ini membawa berkah bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan perusahaan jasa ekspedisi. Terlebih pada masa pandemi seperti saat ini, aktivitas jual beli barang banyak dilakukan secara online akibat adanya pembatasan mobilitas masyarakat.

Namun di sisi lain masih ada persoalan besar yang dikeluhkan oleh penjual atau pembeli yang melakukan transaksi secara digital, yaitu ongkos kirim (ongkir) atau biaya logistik yang masih mahal. Beban akan semakin terasa berat manakala jarak antara penjual dan pembeli sangat jauh sehingga biaya ongkir kerap melebihi dari harga dasar produk yang ditransaksikan. Data menunjukkan 47,8 persen pelaku UMKM Indonesia mengalami kendala terkait hal itu.

Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM), Wientor Rah Mada menjelaskan untuk memangkas biaya logistik atau ongkir salah satu yang diperlukan adalah mendekatkan produk dengan market. Untuk itu pihaknya membangun prototype Smesco UKM Fullfillment Center di Gedung Smesco Indonesia Jalan Gatot Subroto, Jakarta di lantai 11.

Fasilitas ini dapat digunakan oleh pelaku UMKM dengan harga sewa yang sangat kompetitif. Diharapkan dengan produksi yang terjaga dan terstandarisasi dapat membantu UMKM hemat biaya ongkirnya, terutama bagi pembeli yang berada di Pulau Jawa.

“Logistik itu akan murah kalau dua kota itu ada bisnis, lalu ongkos akan murah kalau barang yang disimpan semakin dekat dengan market, oleh karena itu KemenkopUKM melalui Smesco harus segera memecahkan masalah ini dengan membangun prototype fullfillment center yang bisa menampung 150 ribu invoice produk UMKM,” kata Wientor dalam Webinar bertema Fulfillment Center Bantu Efisienkan Ongkir Pelaku UMKM, Kamis (24/2/2022). Acara Webinar ini digelar oleh portalberita online Beritakota.id bekerja sama dengan PT SiCepat Ekspres dan PT Shipper Indonesia.

Sementara itu Vice President of Sales SiCepat Ekspres, Ratna Putriasih menegaskan sebagai perusahaan jasa ekspedisi pihaknya sangat komitmen untuk mendukung UMKM naik kelas melalui penyediaan layanan ekspedisi dengan harga yang kompetitif.

Tersedia berbagai macam pilihan produk dan layanan ekspedisi bagi UMKM seperti layanan Reguler (Siuntung), Best (Besok Sampai Tujuan), paket SameoDay Delivery, Gokil (Cargo Kilat), Halu (Harga Mulai Lima Ribu).

Bahkan untuk layanan ekspedisi ekspor, Sicepat juga menawarkan produk SCBD (Sicepat Crossborder) dan Sicepat Go. Kemudian ada juga layanan Sicepat Syariah, COD (Cash on Delivery), Sicepat Point hingga Sicepat Klik.

Dijelaskan bahwa saat ini kapasitas layanan paket sudah menembus 1,5 juta paket per hari. Bahkan di saat hari belanja online nasional (harbolnas) terjadi peningkatan yang signifikan jumlah layanan paket.

“Kita terus berinovasi untuk produk dan servicenya. Ini kami lakukan untuk dapat memberikan layanan yang terbaik khususnya bagi UMKM. Merka bisa memilih layanan mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya sehingga kita harap bisa membantu usahanya dengan layanan ini,” ungkap Ratna.

Tidak hanya itu, lanjut Ratna, SiCepat Ekspres juga bertransformasi dengan memberikan layanan yang lebih canggih khususnya bagi sektor korporasi. Sebagai contoh layanan Clodeo, sebuah platform terintegrasi untuk yang melayani pemesanan hingga ke delivery management dan payment dengan cara digital. Layanan ini sangat tepat bagi para pelaku UMKM termasuk korporasi yang memiliki basis produksi di suatu wilayah namun konsumennya banyak di wilayah yang berbeda. Apalagi jika dipadukan dengan layanan Haistar yang secara penuh menangani pergudangan.

“Clodeo ini bisa memanage penjualan dan bagaimana mencatat penjualannya secara digital dan bisa dimanfaatkan oleh UMKM. Semua ini bisa terkoneksi dalam satu dashboard,” ujarnya.

Head of Shipper Academy, Putra Rizky Agung Usman menambahkan bahwa perusahaannya juga sangat komitmen mendorong agar biaya logistik (ongkir) terus turun. Di tengah melonjaknya transaksi online mengharuskan penyedia jasa ekspedisi kebanjiran order.

Pulau Jawa menjadi target pasar paling besar di Indonesian dimana 76,7 persen usaha e-commerce melayani pengiriman ke Jawa. Sementara pengiriman paket ke wilayah timur Indonesia paling sedikit sehingga menyebabkan ongkir mahal. Di sisi lain ada sejumlah masalah yang dihadapi UMKM dalam hal pengiriman barang seperti kesenjangan fasilitas logistik, tidak memiliki laporan yang jelas terhadap penjualan dan inventory serta persoalan lainnya.

“Untuk itu kami dari Shipper menawarkan solusi layanan fulfill center yang dilengkapi dengan sistem terintegrasi dan fasilitas yang memadai untuk pengadaan proses suplai chain,” ucapnya.

Keuntungan dari memanfaatkan layanan fulfillment center ini, lanjut Putra, penyimpanan produk dari UMKM akan tertata dengan baik berdasarkan klasifikasi barang dan tercatat dengan baik. Selain itu data penjualan barang baik online atau offline akan terintegrasi dalam satu sistem dashboard secara real-time. (ibs)

Tags: ekspedisiOngkirSmesco IndonesiaUMKM
Previous Post

Video Musik “Barbie Girl” 1990-an Tembus Angka 1 Miliar di YouTube

Next Post

KPK Dalami Peran Rahmat Effendi di Pengadaan Polder Kota Bintang

Related Posts

udang
Ekonomi

Lobster Air Tawar Jadi Alternatif di Tengah Lesunya Harga Ikan Konsumsi

Jumat, 7 November 2025 - 01:08
oppo
Ekonomi

OPPO Find X9 Series Resmi di Indonesia, Studio Profesional di Genggaman

Kamis, 6 November 2025 - 23:33
BYD
Ekonomi

BYD Perkuat Dominasi di Pasar EV, Ekspansi ke Indonesia Timur Lewat GIIAS Makassar 2025

Kamis, 6 November 2025 - 22:46
pgn
Ekonomi

Dukung Program MBG, Peran Pasokan Energi PGN Raih National Priority Support Award

Kamis, 6 November 2025 - 21:41
syariah
Ekonomi

Dua Tahun Allianz Syariah Terapkan Maqasid Syariah: Kompas Perlindungan Tahap Kehidupan

Kamis, 6 November 2025 - 20:47
CARDEA
Ekonomi

Perluas Daya Jangkau, CARDEA Physiotheraphy & Pilates Buka Cabang ke-6 di Puri Jakarta

Kamis, 6 November 2025 - 19:32
Next Post
Rahmat Effendi

KPK Dalami Peran Rahmat Effendi di Pengadaan Polder Kota Bintang

BERITA POPULER

  • WhatsApp Image 2025-11-01 at 08.26.51 (1)

    Bhayangkara FC vs Persita: Pendekar Cisadane Janjikan Laga Sulit untuk The Guardian

    969 shares
    Share 388 Tweet 242
  • Liverpool vs Real Madrid: The Reds Diuntungkan Statistik, Tapi…

    681 shares
    Share 272 Tweet 170
  • Persijap vs Malut United: Lini Belakang Bermasalah, Laskar Kalinyamat Harus Dispilin

    673 shares
    Share 269 Tweet 168
  • Hasil Liga Champions: Liverpool-Bayern Menang Tipis, Arsenal-Tottenham Berpesta

    670 shares
    Share 268 Tweet 168
  • Peserta TKA Siaran Langsung di Medsos, Kemendikdasmen: Sudah Ditindak Pengawas

    663 shares
    Share 265 Tweet 166
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.