• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
indoposco.id
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Megapolitan

Bea Cukai Bekasi Jadi Role Model Penyelenggaraan Sarana Prasarana Pelayanan Publik Kelompok Rentan

Redaksi by Redaksi
Kamis, 18 Maret 2021 - 18:39
in Megapolitan
indoposco

Acara Penyampaian Apresiasi Penyelenggaraan Sarana Prasarana Pelayanan Publik Kelompok Rentan Tahun 2020, di Jakarta, Selasa, 9 Maret 2021

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Pemberian kemudahan dalam pelayanan publik terhadap kelompok rentan menjadi komitmen pemerintah untuk mewujudkan keadilan bagi masyarakat. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi salah satu instansi pemerintah yang didapuk oleh Kemenpan RB menjadi instansi percontohan sarana prasarana pelayanan publik ramah kaum rentan.

Menteri Keuangan memperoleh penghargaan sebagai Pembina Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima serta Komitmen Kerja Sama dalam Pelayanan Publik Ramah untuk Berkebutuhan Khusus Tahun 2020, pada acara Penyampaian Apresiasi Penyelenggaraan Sarana Prasarana Pelayanan Publik Kelompok Rentan Tahun 2020, di Jakarta, Selasa, 9 Maret 2021.

Tak hanya itu, Bea Cukai Bekasi pun menjadi salah satu satuan kerja di bawah Kementerian Keuangan yang mendapat predikat kantor percontohan yang menyediakan sarana prasarana pelayanan publik yang ramah untuk kaum rentan.

Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi, Bobby Situmorang mengatakan, komitmen Bea Cukai Bekasi untuk menyediakan sarana prasarana pelayanan publik yang ramah untuk kaum rentan berangkat dari kesadaran bahwa unit pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah, harus menyediakan sarana dan prasarana bagi kelompok rentan.

“Hal ini juga sesuai dengan perintah dari Menteri Keuangan, bahwa kita itu tidak hidup sendiri. Faktanya kita macam-macam, jadi semua orang harus kita fasilitasi, termasuk yang berkebutuhan khusus,” ujarnya, dalam keterangannya, Kamis (18/3/2021)

Penyediaan sarana dan prasarana bagi kelompok rentan diamanatkan dalam undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik, disebutkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib memberikan layanan berkualitas bagi setiap pengguna layanan. Salah satu asas penyelenggaraan pelayanan publik berkualitas adalah fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan.

“Kementerian PANRB melakukan evaluasi, pembinaan, dan monitoring dan evaluasi pelayanan publik. Salah satu aspek yang dinilai dalam evaluasi unit penyelenggara pelayanan adalah ketersediaan sarana dan prasarana bagi kaum rentan berkebutuhan khusus, dan Bea Cukai Bekasi berhasil mendapat predikat kantor percontohan tersebut,” jelas Bobby.

Ia menambahkan, yang termasuk kelompok rentan adalah kaum difabel, lansia, anak-anak, serta wanita hamil dan ibu menyusui. Sesuai UU No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas pada pasal 97 disebutkan bahwa salah satu infrastruktur yang mudah diakses oleh penyandang disabilitas adalah bangunan gedung.

“Bea Cukai Bekasi selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat termasuk memenuhi persyaratan kemudahan yang sesuai dengan UU No.8/2016, meliputi kemudahan hubungan ke, dari, dan di dalam bangunan gedung, serta kelengkapan prasarana dan sarana dalam pemanfaatan bangunan gedung. Hal ini sebagai respon kami untuk menjamin pelayanan publik yang aksesibel dan inklusif bagi kaum rentan,” tegas Bobby. (ipo)

Tags: Bea Cukaibea cukai bekasiPelayanan Publik
Previous Post

Simak Tips Sukses Pelaku Usaha di Era Normal Baru Ramadan Tahun Ini

Next Post

BSI Dorong Digitalisasi Transaksi di Rest Area Tol

Related Posts

pulau-seribu
Megapolitan

Pemkab Pulau Seribu Bangun Tanggul di Pulau Harapan

Rabu, 12 November 2025 - 06:18
kebakaran
Megapolitan

Kebakaran di Tambora Jakbar Diduga Terjadi Akibat Korsleting Listrik

Selasa, 11 November 2025 - 23:10
ledakan
Megapolitan

Polisi Tetapkan Tersangka Ledakan SMAN 72, Tak Terafiliasi Kelompok Teroris

Selasa, 11 November 2025 - 19:47
sampah
Megapolitan

DPRD Jakarta Tinjau Pengelolaan Sampah Berbasis Maggot di Tugu Selatan

Selasa, 11 November 2025 - 17:17
cakung
Megapolitan

Polda Metro Jaya Beri Penghormatan Tertinggi untuk Hansip Cakung Barat yang Gugur Ditembak Pelaku Curanmor

Selasa, 11 November 2025 - 14:14
WhatsApp Image 2025-11-11 at 07.50.18 copy
Megapolitan

Potensi Hujan Diperkirakan Mengguyur Wilayah Jakarta, Begini Catatan BMKG

Selasa, 11 November 2025 - 08:20
Next Post
indoposco

BSI Dorong Digitalisasi Transaksi di Rest Area Tol

BERITA POPULER

    • Redaksi
    • Iklan
    • Pedoman Media Siber
    • Standar Perlindungan Wartawan
    • Sertifikat Dewan Pers

    © - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Nasional
    • Megapolitan
    • Nusantara
    • Internasional
    • Ekonomi
    • Olahraga
    • Gaya Hidup
    • Multimedia
      • Fotografi
      • Video
    • Disway
    • Koran
    • Indeks

    © - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.