Olahraga

Formula 1 Luncurkan Kejuaraan Khusus Putri F1 Academy

INDOPOSCO.ID Formula 1 pada Jumat meluncurkan seri kejuaraan balap khusus putri yang akan mulai bergulir tahun depan sebagai sarana pencarian bakat dan mempersiapkan para pebalap muda putri ke kategori yang lebih tinggi.

Kejuaraan tersebut dinamai F1 Academy, yang bakal diikuti lima tim yang dijalankan oleh tim-tim yang berlaga di Formula 2 dan Formula 3.

Grid F1 Academy terdiri dari 15 mobil karena setiap tim menurunkan tiga pebalap dengan usia minimal 16 tahun.

Berita Terkait

Formula 1 menyediakan subsidi sebesar 150.000 euro untuk setiap mobil dan setiap pebalap bakal merogoh kocek yang sama untuk dapat berpartisipasi. Sisa anggaran yang diperlukan akan ditanggung oleh tim.

Baca Juga : Verstappen Cetak Rekor 14 Kemenangan Semusim di GP Meksiko

Musim pertama akan terdiri dari tujuh seri yang masing-masing terdiri dari tiga balapan, sehingga total terdapat 21 balapan ditambah 15 hari untuk tes ofisial, dengan kalender 2023 akan dirilis dalam waktu dekat.

Para pebalap putri akan mengendarai mobil dengan sasis Tatuus T421, yang disematkan mesin turbocharge Autotecnica dengan kekuatan 165 tenaga kuda. Pirelli akan menjadi pemasok ban tunggal kejuaraan tersebut.

“Setiap orang harus memiliki kesempatan untuk mengejar mimpi dan meraih potensinya dan Formula 1 ingin memastikan kami melakukan segalanya yang kami bisa untuk menciptakan keberagaman yang lebih luas dan jalan menuju olahraga yang luar biasa ini,” kata CEO Formula 1 Stefano Domenicali dalam laman resmi F1.

Domenicali mengatakan F1 Academy akan menjadi kesempatan terbaik bagi para pebalap putri untuk memenuhi ambisinya lewat program yang komprehensif dalam mendukung karier mereka serta pengetahuan yang diperlukan untuk naik ke kelas F3, F2, bahkan Formula 1.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button