Olahraga

Olahraga Bantu Pengembangan Karakter Sosial dan Keterampilan Anak

INDOPOSCO.ID – Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta mengatakan, olahraga mampu membantu pengembangan karakter sosial dan keterampilan anak.

“(Olahraga) bisa membantu anak untuk bertukar keterampilan, pengetahuan dan menjalin komunikasi dan interaksi sosial yang positif. Selain itu, olahraga seperti sepak bola, bisa memperkuat kerja sama, empati, persaudaraan dalam membangun tim dan menjaga nilai-nilai baik di olahraga itu sendiri,” ujar Isnanta dalam jumpa pers daring, Rabu (12/10), dikutip dari Antara.

Sependapat, Widyaprada Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Minhajul Ngabidin mengatakan anak-anak Indonesia memiliki semangat dan kegemaran yang berbeda-beda, baik di bidang akademis maupun non-akademis.

Baca Juga : P2G Minta Kemendikbudristek Bentuk Pokja RUU Sisdiknas

Untuk itu, Minhajul mengatakan pemerintah melalui Kemendikbudristek juga terus mendorong berkembangnya semua potensi peserta didik untuk menumbuhkan karakter kuat, demi mewujudkan profil “Pelajar Pancasila”, yang diinisiasi melalui kebijakan Merdeka Belajar.

“Pengembangan minat dan bakat anak baik di bidang akademis maupun non-akademis harus terus mendapat dukungan penuh, sehingga inner strength anak dapat berkembang optimal,” kata Minhajul.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button